Pengaruh Latar Pendidikan Nasabah Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri Di Rejang Lebong

Sari, Weni Purnama (2019) Pengaruh Latar Pendidikan Nasabah Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri Di Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENGARUH LATAR PENDIDIKAN NASABAH TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH MANDIRI DI REJANG L.pdf

Download (2MB)

Abstract

Minat dapat diartikan sebagai sebuah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu. Latar pendidikan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi minat. Berdasarkan pengamatan peneliti diketahui bahwa Bank Syariah Mandiri Cabang Curup diminati oleh nasabah yang memiliki latar pendidikan perguruan tinggi. Sehingga peneliti bermaksud untuk mengkaji seberapa besar pengaruh latar pendidikan nasabah terhadap minat untuk menjadi nasabah Bank Syariah Mandiri. Penelitien ini menggunakan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai jenis penelitian yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. terdapat pengaruh yang kuat atau tinggi antara latar pendidikan perguruan tinggi terhadap minat nasabah untuk menabung di Bank Syariah Mandiri yaitu sebesar 52%, sedangkan sisanya 48% minat nasabah dipengaruhi oleh variabel lain. Selanjutnya Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nasabah yang berlatar pendidikan perguruan tinggi memiliki minat yang cukup baik terhadap lembaga keuangan Bank Syariah Mandiri. Hal ini dapat diketahui bahwa: (1) Sebagian besar sebanyak 38,9% nasabah cukup baik dalam mengenali keunggulan produk yang ditawarkan oleh Bank Syariah Mandiri, (2) Sebagian besar 55,5% nasabah cukup tertarik terhadap promosi yang dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri sehingga dapat menarik minat nasabah, (3) Sebagian besar 52,7% nasabah cukup baik dalam memahami informasi mengenai produk tabungan yang ditawarkan oleh Bank Syariah Mandiri, (4) Sebagian besar 61,1% nasabah cukup berminat untuk menggunakan produk tabungan yang ditawarkan oleh Bank Syariah Mandiri, (5) sebagian besar 41,7% nasabah cukup tertarik untuk menggunakan produk tabungan melalui keuntungan-keuntungan yang ditawarkan oleh Bank Syariah Mandiri, (6) sebagian besar 61,1% nasabah cukup tertarik menggunakan produk tabungan yang ditawarkan oleh Bank Syariah Mandiri karena pelayanan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, Weni PurnamaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerSulastyawati, DwiUNSPECIFIED
ReviewerBirahmat, BudiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Latar Pendidikan; Minat; Bank Syariah
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 30 Oct 2019 04:24
Last Modified: 30 Oct 2019 04:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/620

Actions (login required)

View Item View Item