Pengaruh Program Penguatan Pendidikan Karakter terhadap Jiwa Nasionalisme Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Rejang Lebong

Susanti, Titin Intan and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Arbaini, Wiwin (2019) Pengaruh Program Penguatan Pendidikan Karakter terhadap Jiwa Nasionalisme Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Rejang Lebong. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP JIWA NASIONALISME SISWA KELAS IV SD NEGE.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahasa tentang Pengaruh Program Penguatan Pendidikan Karakter Terhadap Jiwa Nasionalisme Siswa Kelas IV SDN 02 Rejang Lebong, Menurut pengamatan peneliti pada survei awal atau studi pendahuluan di SDN 02 Rejang Lebong pada tanggal 20 November 2017 bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minimnya hafalan lagu-lagu nasional siswa diantaranya yaitu, rendahnya pengetahuan siswa pada lagu wajib nasional, mayoritas siswa banyak mengetahui lagu dangdut atau pop dari pada lagu wajib nasional. Dengan rumusan masalah : Bagaimana program penguatan pendidikan karakter siswa IV SDN 02 Rejang Lebong, Bagaimana Jiwa nasionalisme siswa kelas IV SDN 02 Rejang Lebong dan bagaimana Pengaruh program penguatan pendidikan karakter terhadap jiwa nasionalisme siswa kelas IV SDN 02 Rejang Lebong, yang bertujuan untuk mengetahui Bagaimana program penguatan pendidikan karakter siswa IV SDN 02 Rejang Lebong, Jiwa nasionalisme siswa kelas IV SDN 02 Rejang Lebong dan Pengaruh program penguatan pendidikan karakter terhadap jiwa nasionalisme siswa kelas IV SDN 02 Rejang Lebong. Peneliti menggunakan metodelogi penelitian kuantittif deskripsif, pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, implementasi penguatan pendidikan karakter pada saat pembelajaraan dengan cara diskusi kelompok. Setiap kelompok harus mempunyai tanggung jawab akan persentasi hasil diskusi serta percaya diri dan berani tampil untuk menyajikan hasil diskusi tersebut. Implementasi program penguatan pendidikan karakter (PPK) yakni dengan menyambut siswa didepan gerbang sekolah setiap pagi dengan 3S yakni senyum, sapa,salam. Uji analisis data yang didapat dari angket yang di sebarkan dengan indikasi nilai 12.61 – 18.56 diketagorikan sedang. Sikap siswa khususnya kelas IV saat mengikuti upacara bendera sudah tertib, hal itu menunjukan bahwa sikap nasionalis siswa sudah bagus. Bukti lain bahwa sikap nasionalis siswa kelas IV dilihat pada saat menjadi petugas upacara dan saat menyanyikan lagu wajib dengan semangatt dan khidmat Uji analisis data yang didapat dari angket yang di sebarkan kepada siswa kelas IV dengan indikasi nilai 12,80 – 19,39 dikatagorikan sedang.\ Nilai Thitung > Ttabel = 6,978 > 2.042 sehingga Ho ditolak dan Ha di terima. Dengan tingkat signifikan 5% cukup menjelaskan bahwa ada pengaruh program pendidikan karakter terhadap jiwa nasionalisme siswa kelas IV SD negeri 02 Rejang Lebong.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Susanti, Titin IntanUNSPECIFIED
Hamengkubuwono, HamengkubuwonoUNSPECIFIED
Arbaini, WiwinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter terhadap Jiwa Nasionalisme Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Rahmat Iswanto
Date Deposited: 25 Jul 2019 04:40
Last Modified: 25 Jul 2019 05:01
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/62

Actions (login required)

View Item View Item