Peran Guru PAI Dalam Melaksanakan Model Pembelajaran Inklusi Penuh Untuk Siswa Inklusi Di SMP Muhammadiyah 2 Tempel Rejo

Nensi, Herma Surya (2019) Peran Guru PAI Dalam Melaksanakan Model Pembelajaran Inklusi Penuh Untuk Siswa Inklusi Di SMP Muhammadiyah 2 Tempel Rejo. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skrpsi lengkap.pdf

Download (8MB)

Abstract

SMP Muhammadiyah 2 Tempel Rejo merupakan sekolah umum yang menerima anak inklusi, anak inklusi memperoleh kesempatan untuk bersekolah dengan anak normal serta lembaga pendidikan SMP Muhammadiyah juga telah menerapkan pendidikan inklusi yang menggabungkan peserta didik berkebutuhan khusus dan anak normal. Melalui pendidikan inklusi anak berkebutuhan khusus dididik bersama anak-anak yang normal akan tetapi belum ada kelas khusus bagi anak inklusi dikarnakan ada beberapa faktor belum adanya kelas khusus dan dana yang belum terpenuhi jadi anak inklusi dalam proses pembelajaran dijadikan satu dengan anak normal lainnya. Permasalahan diatas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: mengenai pelaksanaan model pembelajaran inklusi penuh yang dilakukan guru PAI untuk siswa inklusi di SMP Muhammadiyah 2 Tempel Rejo, serta mengenai faktor pendorong dan penghambat model inklusi penuh dalam pembelajaran PAI bagi anak inklusi. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru PAI dan Siswa/I di SMP Muhammadiyah 2 Tempel Rejo. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Adapun teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru PAI dalam melaksanakan model pembelajaran inklusi penuh untuk siswa inklusi di SMP Muhammadiyah 2 Tempel Rejo, yaitu guru merancang materi lebih mudah dipahami, melaksanakan materi yang sudah dirancang sehingga guru melakukan evaluasi terhadap anak inklusi. Adapun faktor pendorongnya dapat memotivasi anak berkebutuhan khusus untuk tetap belajar seperti anak normal lainnya, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya tenaga pendidik serta tidak adanya guru pendamping inklusi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nensi, Herma SuryaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerNuzuar, NuzuarUNSPECIFIED
ReviewerArbaini, WiwinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru; Model Pembelajaran; Inklusi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 30 Oct 2019 04:24
Last Modified: 30 Oct 2019 04:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/619

Actions (login required)

View Item View Item