Kesiapan Kompetensi Guru SDIT Khoiru Ummah Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran PAI

Mufidah, Ummi and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Daheri, Mirzon (2024) Kesiapan Kompetensi Guru SDIT Khoiru Ummah Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran PAI. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI UMMI MUFIDAH. PDF.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Kesiapan kompetensi guru dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka adalah sebuah isu penting dalam konteks pendidikan. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SDIT Khoiru Ummah terlihat bahwa dalam kesiapan kompetensi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka yaitu terdapat dua kompetensi yang tertuju kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional namun dalam kesiapannya belum sepenuhnya terlaksana. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan kompetensi guru SDIT Khoiru Ummah. Penelitian ini memberikan gambaran terkait apa saja yang dilakukan dan dipersiapkan oleh guru selama proses implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Khoiru Ummah Jl. Bhayangkara I Sukowati, Kec. Curup Tengah, Kab. Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif. Kualitatif fenomenologi menjadi jenis pendekatan yang dipilih dalam penelitian ini. Data penelitian ini diperoleh melalui obsrvasi dan wawancara (sebagai data utama) dan studi dokumen (sebagai data penunjang), dengan teknik pengambilan sampel sampling purposive. Informan dalam penelitian ini adalah guru PAI kelas I dan IV, Kepala Sekolah dan Wakil Kurikulum SDIT Khoiru Ummah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kesiapan kompetensi guru SDIT Khoiru Ummah dalam pelaksanaan kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI dapat dilihat dari 2 kompetensi : (1) Kompetensi pedagogik guru dilaksanakan dengan berusaha meningkatkan pemahaman kurikulum, pemanfaatan sumber belajar, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian pembelajaran; (2) Kompetensi profesiaonal dilaksanakan dengan memiliki keterampilan mengajar yang baik, memahami wawasan yang luas, memahami kurikulum, dan menguasai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mufidah, Ummiummimufidah@students.iaincurup.ac.id
Hamengkubuwono, Hamengkubuwonohamengku7@gmail.com
Daheri, Mirzonmirzondaheri@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:12
Last Modified: 03 Jul 2024 08:12
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6173

Actions (login required)

View Item View Item