Manajemen Sarana dan Prasarana Di Madrasah Aliyah Negeri Rejang Lebong Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan

Andriani, Idaya (2016) Manajemen Sarana dan Prasarana Di Madrasah Aliyah Negeri Rejang Lebong Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan. Masters thesis, IAIN Curup.

[img] Text
MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA.doc

Download (102MB)

Abstract

Manajeman sarana dan prasarana merupakan sebuah proses kegiatan yang direncanakan dan diusahkan secara sengaja dan bersungguh-sungguh serta membina secara kontiyu terhadap benda-benda pendidikan agar senantiasa siap pakai dalam proses belajar mengajar sehingga lebih efektif dan efesien guna membantu tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini di fokuskan pada memfungsikan manajemen sarana dan prasarana di MAN Curup Kabupaten Rejang Lebong dalam meningkatkan mutu pendidikan. Berdasarkan latar belakang dan fokus penelitian, maka penelitian yang akan dicari jawabannya di rumuskan dalam pertanyaan penelitian berikut: Bagaimanakah pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana di MAN Curup? Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan metode pendekatan Kualitatif naturalistik (naturalistic inquiry). Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan deksritif. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Curup Kabupaten Rejang Lebong. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara ke dalam (in depth interview), observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini: Pertama perencanaan di MAN Curup disusun pada awal tahun oleh wakil kepala sekolah urusan sarana dan prasarana, berdasarkan usulan, guru dan TU denganskala prioritas. Kedua, sistim pengadaan sarana pendidikan di MAN Curup pembeliannya dilakukan oleh wakil kepala sekolah urusan sarana dan prasarana apabila pengadaan sarana berupa barang barang bantuan seperti pengadaan perangkat komputer, dimulai dengan adanya penawaran pihak penjual kepada pihak sekolah untuk selanjutnya diakukan kontrak pembelian, penandatanganan order oleh wakil kepala urusan saranadan prasarana diketahui oleh kepala sekolah. Ketiga, inventarisasi, pencatatan dan penyimpanan dokumentasi barang penyerahan kepada penanggungjawab, penggunaan dan pemeliharaan dilakukan oleh tim bidang sarana dan prasarana atau staf tata usaha yang mengurus bidang sarana. Keempat, penggunaan sarana laboratorium komputer di MAN Curup diatur sedemikian rupa oleh penanggung jawab oleh sarana tersebut. Kelima pemeliharaan sarana dan prasarana penanggung jawab adalah wakil kepala sekolah urusan sarana dan prasarana dan koordinator laboartorium. sedangkan dana pemeliharaan bersumber dan dana rutin sekolah. Keenam, penghapusan sarana pendidikan yang telah rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi, perizinannya dilakukan berdasarkan sumber dana sarana yang telah rusak terebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Andriani, IdayaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerKisworo, BudiUNSPECIFIED
ReviewerKusen, KusenUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sarana dan Prasarana
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2019 04:24
Last Modified: 30 Oct 2019 04:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/617

Actions (login required)

View Item View Item