Pengaruh Metode Everyone Is Teacher Here Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Mari Mengenal Rasul-Rasul Allah, Mari Hidup Sedrhana Dan Ikhlas (Studi pada Kelas V SDN 12 Rejang Lebong)

Agustia, Leoni and Khair, Ummul and Indrawari, Karliana (2024) Pengaruh Metode Everyone Is Teacher Here Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Mari Mengenal Rasul-Rasul Allah, Mari Hidup Sedrhana Dan Ikhlas (Studi pada Kelas V SDN 12 Rejang Lebong). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI LEONI AGUSTIA(20531088) PAI 2024.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Guru masih mendominasi dalam proses pembelajaran PAI, siswa kelas V kurang aktif ketika proses pembelajaran dan guru kurang kreatif dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan materi mari mengenal rasul Allah, mari hidup sederhana dan ikhlas pada mata pelajaran PAI di kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa pada kelas kontrol yang tidak menggunakan metode everyone is teacher here, untuk mengetahui pemahaman siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode everyone is teacher here dan untuk mengetahui pengaruh metode Everyone is Teacher Here terhadap pemahaman siswa pada materi mari mengenal rasul Allah dan mari hidup sederhana dan ikhlas. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan jenis quasi experimental design, populasi pada penelitian ini yaitu kelas V yang berjumlah 53 siswa. Dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V sebanyak 53 orang, dimana kelas V terdiri dari VA 25 siswa dan VB 28 siswa. Dengan penentuan sempel menggunakan teknik Sampling jenuh. Hasil penelitian ini dilihat dari uji hipotesis menggunakan uji T-Test. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa kelas kontrol yang dilihat berdasarkan hasil tes siswa dengan nilai tertinggi 80, terendah 20 dan nilai rata-rata 51,07, selain itu berdasarkan capaian KKM terlihat bahwa ada 7 siswa yang mencapai ketuntasan dan 21 siswa tidak mencapai ketuntasan. Dan untuk pemahaman siswa kelas eksperimen dilihat dari perolehan nilai siswa, nilai tertinggi 100, terendah 47 dan nilai rata-rata 80,72, dan siswa yang telah mencapai ketuntasan ada 20 siswa dan yang tidak tuntas ada 5 siswa. Selanjutnya dengan melihat hasil perhitungan uji T-test, yang mana hasilnya menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 6,345 > 2,008 maka dapat dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya metode Everyone is Teacher Here berpengaruh terhadap pemahaman siswa pada materi mari mengenal rasul-rasul Allah dan mari hidup sederhana dan ikhlas kelas V SDN 12 Rejang Lebong. Kata kunci:, Everyone is Teacher Here, Pemahaman Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Agustia, Leonileoni.agustia@students.iaincurup.ac.id
Khair, Ummulummulkhair@iaincurup.ac.id
Indrawari, Karlianakarlianaindrawari@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:54
Last Modified: 11 Jul 2024 07:54
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6156

Actions (login required)

View Item View Item