Kustini, Sri and Rahman, Abdul and Putra, Muksal Mina (2024) Peran Guru dalam Upaya Melatih Kemandirian Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di Paud IT Hidayatullah Kabupaten Lebong Kecamatan Pinang Belapis. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Skripsi Lengkap Dari pengesahan.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi peran guru dalam upaya melatih kemandirian anak usia dini saat ini sudah pada taraf yang memprihatinkan, dalam hal kemandiriannya pada saat disekolah masih banyak anak yang, masih meminta pertolongan masih banyak anak yang perlu dibantu, mulai dari seperti belum bisa membuka bekal sendiri, belum bisa membuka kotak pensil sendiri. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemandirian anak usia dini di PAUD IT Hidayatullah. Untuk mengetahui peran guru dalam upaya melatih kemandirian pada anak usia dini di Paud IT Hidayatullah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan Kredebilitas Data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Berdasarkan Hasil Penelitian ditemukan bahwa kemandirian pendidikan anak usia dini di PAUD IT Hidayatullah adalah sudah bagus yang dimana anak sudah untuk mencoba melakukkan segala sesuatu dengan sendirinya tanpa bantuan atau pertolongan orang lain, Dari segi kemandirian anak PAUD IT Hidayatullah, Kabupaten Lebong, Kecamatan Pinang Belapis, kemandirian ini yaitu perkembangan yang sangat baik, yaitu ada beberapa aspek kemandirian, kemandirian fisik, kepercayaan diri, saling berbagi, pandai bergaul, tanggung jawab, disiplin, dan mengembalikan emosi. Kemandirian yang didapatkan dengan anak-anak tidak terlepas dari peran guru dalam melatih kemandirian Anak Usia Dini PAUD IT Hidayatullah, yang dimana kemandirian anak di PAUD IT sudah bagus, dimana anak-anak PAUD IT Hidayatullah sudah mulai mandiri, dimana kemandirian yang didapatkan oleh anak-anak tidak terlepas dari peran guru yang sangat penting dalam meningkatkan kreaktivirasnya dalam proses melatih kemandirian anak, kemandiriannya yaitu dengan peran guru dalam melatih kemandirian, mengembangkan, kemandirian anak adalah, Guru sebagai Pembimbing, motivator, fasilitator, evaluator. Kata kunci: Peran guru, Melatih, Anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | akun7 akun7 | ||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2024 08:40 | ||||||||
Last Modified: | 13 Aug 2024 03:58 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6135 |
Actions (login required)
View Item |