Analisis Karakter Guru Pendidikan Agama Islam Dan Impilikasinya Terhadap Perilaku Siswa Di Sma Negeri 7 Rejang Lebong

Exstrada, Eko (2019) Analisis Karakter Guru Pendidikan Agama Islam Dan Impilikasinya Terhadap Perilaku Siswa Di Sma Negeri 7 Rejang Lebong. Masters thesis, IAIN Curup.

[img] Text
THESIS Eko Exstrada 17871004.pdf

Download (13MB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Membentuk Perilaku Siswa di SMA Negeri 7 Rejang Lebong. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Karakter guru PAI dalam membentuk Perilaku Siswa di SMA Negeri 7 Rejang Lebong (2) Faktor yang mempengaruhi terbentuknya Perilaku Siswa di SMA Negeri 7 Rejang Lebong (3) Bagaiman gambaran Perilaku Siswa di SMA Negeri 7 Rejang Lebong (4) Apa hambatan dalam membentuk Perilaku Siswa di SMA Negeri 7 Rejang Lebong. dan upaya pemecahannya. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif bercorak deskriptif. Pendekatan fenomenologi digunakan untuk mengamati fenomena yang muncul dilapangan, disamping itu juga digunakan pendekatan multidisipliner yakni; pendekatan pedagogis, teologis normatif, dan sosiologis. Untuk menguji validitas data, peneliti mencocokkan dan membandingkan data dari berbagai sumber, baik sumber lisan (hasil wawancara), tulisan (pustaka), maupun data hasil observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif yaitu yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisahpisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan, bahwa (1) Karakter guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Perilaku Siswa di SMA Negeri 7 Rejang Lebong. menanamkan nilai-nilai keislaman secara subtansial dan universal sehingga tercapai tujuan utama sebagai guru PAI di sekolah. (2) faktor yang mempengaruhi terbentuknya Perilaku Siswa di SMA Negeri 7 Rejang Lebong, yaitu: faktor pendidikan, faktor pergaulan, faktor keluarga. (3) Gambaran Perilaku Siswa di SMA Negeri 7 Rejang Lebong dapat dinilai mengalami perkembangan, namun masih banyak yang perlu dibenahi terhadap pembinaan pemahaman ajaran-ajaran Islam secara konprehensif terutama didalam pelaksanaan ibadah ritual dan nilainilai etika akhlakul karimah. (4) hambatan dalam membentuk Perilaku Siswa di SMA Negeri 7 Rejang Lebong yaitu: a) hambatan metodologis meliputi kurikulum yang luas cakupannya, b) adanya pengulangan pada materi, c) minimnya media pembelajaran khususnya alat peraga serta terbatasnya waktu yang disiapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Exstrada, EkoUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerKusen, KusenUNSPECIFIED
ReviewerWarsah, IdiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Karakter Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 30 Oct 2019 04:23
Last Modified: 30 Oct 2019 04:23
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item View Item