Peran Kepala Sekolah Dalam Mendukung Program Sekolah Penggerak di SDN 163 Rejang Lebong

Nurmayani, Winanda and Bahri, Syaiful and Fathurrohman, Irwan (2024) Peran Kepala Sekolah Dalam Mendukung Program Sekolah Penggerak di SDN 163 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dukungan kepala sekolah terhadap program sekolah penggerak sangat penting karena dapat mempengaruhi kemajuan suatu lembaga (sekolah) yang diawasinya. Fungsi utama dan prinsip penggerak di SDN 163 Rejang Lebong akan dikaji dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program sekolah penggerak di SDN 163 Rejang Lebong, peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mendukungnya, teknik yang digunakan kepala sekolah untuk melaksanakannya, dan tantangan yang dihadapi selama pelaksanaannya. Dengan menggunakan studi kasus di SDN 163 Rejang Lebong, metodologi penelitian yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Subjek penelitian meliputi, Kepala Sekolah yang sekaligus sebagai guru penggerak dan Wakil Kepala sekolah. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data penelitian ini meliputi reduksi data, pengumpulan (display) data, pemeriksaan keabsahan data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan dalam memfasilitasi, mengkoordinasikan, dan memotivasi semua stakeholder sekolah untuk aktif terlibat dalam program Sekolah Penggerak. Faktor-faktor seperti komunikasi yang efektif, kepemimpinan yang kondusif, dan komitmen yang kuat dari kepala sekolah menjadi penentu keberhasilan implementasi program serta menjalankan visi misi sekolah. Pentingnya peran kepala sekolah dalam menggerakkan perubahan di sekolah melalui program-program inovatif seperti Sekolah Penggerak. Strategi yang digunakan oleh kepala sekolah adalah mematuhi peraturan, kedisiplinan, membuat komitmen antara guru dengan satuan pendidikan. Namun, kendala yang dihadapi belum lengkapnya sarana dan prasarana yang mencukupi, masih ada guru kebingungan tentang penggunaan modul belajar, dan pelatihan program masih minim.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nurmayani, Winandawinandanurmayani@students.iaincurup.ac.id
Bahri, Syaifulsyaiful@iain.curup.ac.id
Fathurrohman, Irwanirwan@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 27 May 2024 08:50
Last Modified: 27 May 2024 08:50
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6061

Actions (login required)

View Item View Item