Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka di MAN Rejang Lebong

Sa’diah, Zaniar and Fathurrohman, Irwan and Siswanto, Siswanto (2024) Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka di MAN Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Full Text 1 SKRIPSI ZANIAR FIX.pdf

Download (1MB)

Abstract

Zaniar Sa’diah NIM. 20561041 “Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka di MAN Rejang Lebong”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Kurikulum Merdeka sudah diimplementasikan di MAN Rejang Lebong dari tahun ajaran 2022/2023. Manajemen yang baik sangat diperlukan pada implementasi kurikulum merdeka dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan (Actuating) kurikulum merdeka pada mata pelajaran Agama (Akidah Akhlak, Al-Qur’an Hadits, Fiqih dan SKI) di kelas XI i MAN Rejang Lebong dan pengawasan (Controlling) kurikulum merdeka pada mata pelajaran Agama (Akidah Akhlak, Al-Qur’an Hadits, Fiqih dan SKI) di kelas XI i MAN Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ialah kepala madrasah, waka kurikulum, guru mata pelajaran agama (Akidah Akhlak, Al-Qur’an Hadits, Fiqih dan SKI) kelas XI i, dan siswa kelas XI i. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pelaksanaan (actuating) kurikulum merdeka pada mata pelajaran Agama (Akidah Akhlak, Al-Qur’an Hadits, Fiqih dan SKI) di kelas XI i MAN Rejang Lebong sudah baik. Dalam menyusun perencanaan pembelajaran guru mempersiapkan perangkat ajar seperti Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran dan modul ajar. Dewan guru diikutsertakan dalam bimbingan teknis, dalam pembelajaran fokus pada siswa sebagai subjek aktif sedangkan guru menjadi fasilitator dan evaluasi pembelajaran yang terdiri dari asesmen diagnostik, asesmen formatif dan asesmen sumatif. Kedua, pengawasan (controlling) kurikulum merdeka pada mata pelajaran Agama (Akidah Akhlak, Al-Qur’an Hadits, Fiqih dan SKI) di kelas XI i MAN Rejang Lebong juga telah dilaksanakan dengan baik. Kata Kunci: Implementasi Manajemen Kurikulum, Kurikulum Merdeka, MAN Rejang Lebong

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sa’diah, Zaniarzaniarsadiah@students.iaincurup.ac.id
Fathurrohman, Irwanirwan@iaincurup.ac.id
Siswanto, Siswantosiswanto@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 14 May 2024 03:13
Last Modified: 14 May 2024 03:13
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6054

Actions (login required)

View Item View Item