Sutra, Lembayu and Wahyuningsih, Wiwin Arbaini and Fransiska, Jenny (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas II SDN 72 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Lembayu Sutra.pdf Download (1MB) |
Abstract
Keterampilan menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa yang produktif dan ekspresif yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung dan tidak secara tatap muka dengan pihak lain.Pembelajaran keterampilan berbahasa dimulai keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keterampilan menulis yang merupakan keterampilan terakhir yang di peroleh siswa, perlu memberikan kesempatan siswa untuk terlibat langsung dalam kegiatan menulis. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Berbasis pre-eksperimental design dengan pendekatan one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. teknik analisis data menggunakan statistic IMB yaitu uji normalitas, reliabilitas, homogenitas dan hipotetsis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 30.60 sedangkan nilai posttest sebesar 40.80. hasil uji hipotesis menggunakan analisis paired sample test dengan taraf signifikan 5% (0,05), yaitu 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dengan nilai > (59.725 > 1,714) sehingga terdapat pengaruh positif yang signifikan sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan, artinya dapat disimpulkan bahwa semakin baik model pembelajaran terhadap keterampilan menulis siswa, maka keterampilan siswa semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 29 Feb 2024 04:40 | ||||||||
Last Modified: | 29 Feb 2024 04:40 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6043 |
Actions (login required)
View Item |