Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (Drta) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV pada PEMBELAJARAN TEMATIKDi SDN 81 Rejang Lebong

Herlina Nurti Ningsih, Herlina Nurti Ningsih and Baryanto, Baryanto and Meldina, Tika (2024) Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (Drta) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV pada PEMBELAJARAN TEMATIKDi SDN 81 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 81 REJANG LEBONG.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV SDN 81 Rejang Lebong. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui: pertama, perbedaan keterampilan membaca pemahaman siswa sebelum dan sesudah menggunakan strategi DRTA pada pembelajaran tematik kelas IV di SDN 81 Rejang Lebong. Kedua, pengaruh Strategi DRTA terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV pada pembelajaran tematik di SDN 81 Rejang Lebong. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis one group pre-test post- test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 81 Rejang Lebong Kecamatan Bermani Ulu dengan jumlah 32 orang siswa. Karena jumlah populasi yang diteliti kurang dari 100 siswa, dalam penelitian ini digunakan sampel total (total sampling). Artinya seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini, yaitu 32 sampel. Untuk mendapat data yang akurat dalam penelitian ini, digunakan soal sebagai instrumen penelitian. Hasil analisis statistik deskriptif murid positif, hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi DRTA menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dari pada sebelum diterapkan strategi DRTA. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan rumus uji t, diketahui bahwa nilai t Hitung yang diperoleh adalah 17,97 dengan frekuensi db = 32–1 = 31, pada taraf signifikansi 5% diperoleh tTabel = 2,04. Jadi, t Hitung> ttabel atau hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (H1) diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas IV di SDN 81 Rejang Lebong Kecamatan Bermani Ulu dengan menggunakan strategi DRTA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Herlina Nurti Ningsih, Herlina Nurti NingsihUNSPECIFIED
Baryanto, Baryantobaryanto@iaincurup.ac.id
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 28 Feb 2024 07:01
Last Modified: 28 Feb 2024 07:01
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6040

Actions (login required)

View Item View Item