Analisis persepsi guru pondok pesantren tahfiz al-qur’an imam asy-syafi’i desa bandung marga kabupaten rejang lebong tentang produk Bank syariah

YUSNITA SARI, YENI and Istan, Muhammad and Fitmawati, Fitmawati (2024) Analisis persepsi guru pondok pesantren tahfiz al-qur’an imam asy-syafi’i desa bandung marga kabupaten rejang lebong tentang produk Bank syariah. Sarjana thesis, INSTITTU AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
SKRIPSI YENI YUSNITA SARI FIXX 1 (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

ANALISIS PERSEPSI GURU PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR’AN IMAM ASY - SYAFI’I DESA BANDUNG MARGA KABUPATEN REJANG LEBONG TERHADAP PRODUK BANK SYARIAH Oleh Yeni Yusnita Sari (18631166): Abstrak Analisis Persepsi Guru Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Imam Asy Syafi’i Desa Bandung Marga Kabupaten Rejang Lebong Terhadap Produk Bank Syariah memberikan persepsi yang positif dan baik terhadap produk Bank Syariah. Para responden juga telah merasakan manfaat dari memakai Bank Syariah baik dari segi pelayanan maupun fasilitas yang didapatkan mudah mereka mengerti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur statistik atau dengan cara kuantitatif. Penelitian kualitatif dapat menunjukkan kehidupan masyarakat, sejarah, tingkah laku, fungsionalisme, pergerakan sosial, dan hubungan kekerabatan. Beberapa data dapat diukur melalui data sensus, tetapi analisisnya tetap analisis data kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi guru di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Iman Asy-Syafi’i Desa Bandung Marga Kabupaten Rejang Lebong terhadap Produk Bank Syariah dipengaruhi oleh situasi yang memang membutuhkan Bank untuk transaksi keuangan mereka di zaman sekarang, kemudian mereka mendapatkan informasi dari orang-orang terdekat yang telah memiliki pengalaman dalam menggunakan produk Bank Syariah, mereka menyerap dan menyaring informasi tersebut untuk menjadi bahan pertimbangan dan berpendapat apakah akan menggunakan Produk dari Bank Syariah atau tidak. Selain itu juga faktor lingkungan mereka yang bekerja di lingkungan pesantren sangat mempengaruhi persepsi positif responden akhirya memilih produk Bank Syariah. Adapun persepsi negatif yang masih muncul terkait dengan masih sedikitnya kantor cabang maupun fasilitas ATM dari Bank-Bank Syariah, dibanding dengan Bank-Bank Konvensional. Hal ini menjadi harapan para responden supaya perlu di perbanyak lagi kantor cabang dan terutama fasilitas ATM karena masih minim, agar memudahkan kegiatan transaksi keuangan yang akan dilakukan oleh para nasabah pengguna produk Bank Syariah. Kata kunci:, Analisis, Persepsi, Produk Bank Syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
YUSNITA SARI, YENIyeniyusnita@students.iaincurup.ac.id
Istan, MuhammadIstanmuhammad1975@gmail.com
Fitmawati, Fitmawatifitmawati@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:13
Last Modified: 28 Feb 2024 03:13
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6027

Actions (login required)

View Item View Item