Strategi Guru Dalam Mengatasi Anak Hiperaktif Di Kelas B3 RA Ummatan Wahidah Talang Rimbo Baru Curup Tengah

Ardilla, Liska and Rahman, Abdul and Amrillah, Taufik (2024) Strategi Guru Dalam Mengatasi Anak Hiperaktif Di Kelas B3 RA Ummatan Wahidah Talang Rimbo Baru Curup Tengah. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
LISKA ARDILLA .pdf

Download (1MB)

Abstract

Anak usia dini adalah anak yang berusia 0-6 tahun yang sudah melewati masa bayi, batita, balita dan masa prasekolah. Perkembangan mereka bisa berlangsung secara optimal maupun tidak optimal. Pada usia ini sangat menentukan karakter dan kepribadian anak. Oleh sebab itu peran guru dan orang tua menentukan pembentukan karakter anak. Jika guru dan orang tua tidak bekerjasama maka karater anak tidak dapat terbentuk dengan baik serta perkembangannya menjadi lambat. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi anak yang hiperaktif dikelas B3 RA Ummatan Wahidah Talang Rimbo Bru Curup Tengah Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik yang di gunakan oleh peneliti dalam menggumpulkan data meliputi (1) Observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Jenis dan sumber yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) Data primer, (2) Data Sekunder, subyek penelitian meliputi, guru kelas di ra ummatan wahidah curup, orag tua anak hiperaktif. Teknik analisi data yaitu (1) redukasi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Pada teknik keabsahan data dalam penelitian ini pemeriksaan dengan melakukan trianggulasi dan FGD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1) Prilaku anak hiperaktif saat dikelas/disekolah sering mengganggu temannya, saat belajar suka berlari kesana kemari dan tidak bisa duduk diam, walaupun anak hiperaktif mendengarkan perintah tetapi hanya sebentar setelah itu dia akan melakukan hal yang sama lagi. (2) Strategi yang digunakan guru dalam mengatasi anak hiperaktif di kelas B3 RA Ummatan Wahidah adalah strategi pendekatan, memberikan perhatian, konsultasi ke orang tua anak, berbicara menggunakan nada rendah (3) faktor penyebab anak hiperaktif adalah faktor keturunan orang tua bisa jadi ayah atau ibu, faktor teman sebaya dan faktor lingkungan tempat tinggalnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ardilla, Liskaliskaardila@students.iaincurup.ac.id
Rahman, Abdulabdulrahman04071972@gmail.com
Amrillah, Taufiktaufikamrillah@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 28 Feb 2024 04:16
Last Modified: 28 Feb 2024 04:16
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6021

Actions (login required)

View Item View Item