Kerja Sama Orang Tua Dan Pendidik Dalam Menerapkan Nilai -Nilai Karakter Tanggung Jawab Studi Kasus di TK Mekar Jaya Karang Jaya Selupu Rejang

Eliyanti, Eliyanti and Rahman, Abdul and Hartati, Meri (2024) Kerja Sama Orang Tua Dan Pendidik Dalam Menerapkan Nilai -Nilai Karakter Tanggung Jawab Studi Kasus di TK Mekar Jaya Karang Jaya Selupu Rejang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
DOC-20240228-WA0005..pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi dari kurang baiknya nilai-nilai karakter tanggung jawab siswa TK mekar jaya, Penelitian ini bertujuan untuk Untuk Mengetahui bentuk kerja sama antara orang tua dan pendidik dalam membina pendidikan karakter siswa di Tk Mekar Jaya Selupu Rejang dan Mendeskripsikan Nilai – nilai karakter tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik yang di gunakan oleh peneliti dalam menggumpulkan data meliputi (1) Observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Jenis dan sumber yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) Data primer, (2) Teknik analisi data yaitu (a) redukasi data, (b) penyajian data, (c) penarikan kesimpulan. Pada teknik keabsahan data dalam penelitian ini pemeriksaan dengan melakukan trianggulasi dan FGD. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa bentuk kerja sama antara orang tua dan guru dalam pembinaan pendidikan karakter siswa TK mekar jaya Selupu Rejang: 1. Orang tua dan Guru selalu bertemu secara langsung, dalam kegiatan pertemuan ini bisa mengevaluasi dan mengetahui perkembangan serta kegiatan siswa baik di rumah maupun di sekolah 2. Orang tua dan Guru selalu melakukan pertemuan awal tahun, selanjutnya dalam kegiatan ini adapt mengevalusasi perkembangan siswa baik di rumah maupun di sekolah 3. Orang Tua dan Guru selalu melaksanakan rapat maksimal 1 kali dalam sebulan, selanjutnya dalam kegiatan ini guru dan wali murid selalu mendiskusikan apa yang harus di persiapkan dan yang jadi evalusi supaya siswa lebih baik lagi di priode berikutnya 4. Orang tua dan Guru selalu melaksanakan komunkasi online baik di grup whatsapp maupun media lainya seperti Facebook, dan yang terkahir Orang tua dan Guru dilibatkan dalam komite sekolah.Terdapat Bentuk kerja sama orang tua dan guru dalam menerapkan nilai-nilai karakter tanggung jawab di TK Mekar Jaya Selupu Rejang yaitu: mengundang orang tua untuk terlibat dalam aktivitas pembelajaran. memiliki program 'Tanggung Jawab Siswa' di mana siswa diberi tugas kecil untuk merawat tanaman atau membersihkan ruangan kelas. Pihak sekolah berkomunikasi secara rutin dengan orang tua melalui pesan elektronik dan pertemuan orang tua-guru untuk memberi pemahaman tentang bagaimana mereka dapat mendukung pembelajaran karakter di rumah.Terdapat Nilai-nilai karakter yang terdapat di karakter tanggung jawab di TK mekar jaya Selupu Rejang bahwa nilai-nilai karakter yang terkandung dalam karakter tanggung jawab di TK melibatkan kemandirian, tanggung vii jawab terhadap diri sendiri dan teman, kejujuran, keteraturan, disiplin, dan ketekunan. Semua nilai-nilai ini berkontribusi untuk membentuk dasar karakter tanggung jawab pada anak-anak di tingkat TK.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Eliyanti, EliyantiUNSPECIFIED
Rahman, Abdulabdulrahman04071972@gmail.com
Hartati, Merimerryhartati8055@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 28 Feb 2024 04:19
Last Modified: 28 Feb 2024 04:31
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6020

Actions (login required)

View Item View Item