Pengaruh Model Group Investigation Berbantuan Media Puzzle Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 5 di SDN 12 Rejang Lebong

Anita, Ria and Oktori, Agus Riyan and Yulizah, Yosi (2024) Pengaruh Model Group Investigation Berbantuan Media Puzzle Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 5 di SDN 12 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI RIA ANITA (17591113).pdf

Download (1MB)

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini ialah 1) Untuk mengetahui minat belajar siswa sebelum menggunakan model group Investigation berbantuan media Puzzle kelas V di SDN 12 Rejang Lebong; 2) Untuk mengetahui minat belajar siswa sesudah menggunakan model group Investigation berbantuan media Puzzle pada kelas V di SDN 12 Rejang Lebong; 3) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa dengan mengunakan model group Investigation berbantuan media Puzzle pada kelas V di SDN 12 Rejang Lebong. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif (True experiment). Desain penelitian dengan menggunakan 3 tahap yaitu tahap pra lapangan, pekerja lapangan dan pasca lapangan. Waktu penelitian antara 23 September-23 Desember 2023 di SDN 12 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data dengan angket. Uji instrument dengan uji validitas dan reliabilitas, homegenitas, dan normalitas. Teknik analisis data dengan Uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) sebelum menarapkan model Group Investigation berbantuan Puzzle siswa dalam minat yang sangat Tinggi terdapat 3 siswa atau 15%, siswa yang minatnya Tinggi ada 3 siswa atau 15%, siswa yang minatnya sedang sebanyak 7 siswa atau 35%, siswa yang memiliki minatnya rendah ada 5 siswa atau 25% dan siswa yang memiliki minat belajar rendah ada 6 siswa atau 30 %. 2) setelah menerapkan model group investigation berbantuan puzzle adalah siswa yang memiliki minat belajar sangat Tinggi terdapat 4 siswa atau 20%, siswa yang memiliki minat belajar Tinggi ada 4 siswa atau 20%, siswa yang memiliki minat belajar sedang sebanyak 3 siswa atau 15%, siswa yang minat belajarnya rendah ada 4 siswa atau 20% dansiswa yang memiliki minat belajar sangat rendah ada 5 siswa atau 25 %. 3) Pengaruh minat belajar siswa dengan mengunakan model group Investigation berbantuan media Puzzle pada kelas V di SDN 12 Rejang Lebong yaitu pada uji independent samples test yaitu 0,000< 0,005 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh atau Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap minat belajar siswa dengan model group Investigation berbantuan Puzzle pada mata pelajaran IPA sub bahasan daur hidup hewan di SDN 12 Rejang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anita, Riariaanita@students.iaincurup.ac.id
Oktori, Agus Riyanagusriyanoktori@iaincurup.ac.id
Yulizah, Yosiyosiyulizah@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 27 Feb 2024 08:36
Last Modified: 27 Feb 2024 08:36
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6017

Actions (login required)

View Item View Item