Penilaian formatif dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas 4 SDIT Rabbi Radhiyya 01

Nisa, Khoirun and Ummul, Khair and Ningtyas, Amanah Rahma (2024) Penilaian formatif dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas 4 SDIT Rabbi Radhiyya 01. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENILAIAN FORMATIF DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 4 SDIT RABBI RADHIYYA 01_KHOIRUN NISA.pdf

Download (6MB)

Abstract

KHOIRUN NISA, NIM 20591097 “Penilaian Formatif Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 4 Di SDIT Rabbi Radhiyya 01”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilakukan kepada gurukelas 4 SDIT Rabbi Radhiyya 01, penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui pelaksanaan penilaian formatif dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 di SDIT Rabbi Radhiyya 01; 2) mengetahui bentuk penilaian formatif dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4di SDIT Rabbi Radhiyya 01. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus(case study), penelitian ini dilakukan kepada guru kelas 4 Ar-Rad SDIT Rabbi Radhiyya 01. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Serta pemeriksaan atau pengecekan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) pelaksanaan penilaian formatif dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 di SDIT Rabbi Radhiyya 01 diawali dengan menganalisi capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran dan menganalisis materi Bahasa Indonesia. 2) bentuk penilaian formatif dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 di SDIT Rabbi Radhiyya 01 berupa soal tes berbentuk uraian, wawancara dengan metode tanya jawab dan observasi dengan pengamatan secara langsung pada kemampuan peserta didik dalam keterampilan membaca, berbicara, menyimak dan menulis disepanjang proses pembelajaran. Kata Kunci:Penilaian Formatif, Kurikulum Merdeka,Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nisa, Khoirunkhoirunnisa@students.iaincurup.ac.id
Ummul, Khairummulkhair1213@gmail.com
Ningtyas, Amanah Rahmaamanahrahma@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun9
Date Deposited: 27 Feb 2024 08:07
Last Modified: 27 Feb 2024 08:21
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6015

Actions (login required)

View Item View Item