Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Di Sdit Khoiru Ummah Curup

Rahmanisa, Rahmanisa (2017) Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Di Sdit Khoiru Ummah Curup. Masters thesis, IAIN Curup.

[img] Text
MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT KHOIRU.pdf

Download (991kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kualitas mutu pendidikan di sekolah-sekolah sekarang ini belum seperti yang diharapkan, salah satu penyebabnya adalah kemampuan guru yang masih kurang. Menyadari hal itu, pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan standar kompetensi dan sertifikasi guru, antara lain dengan disahkannya UU Guru dan Dosen, Peraturan Pemerintah, dan Permenag bahwasanya guru profesional memiliki lima kompetensi utama yakni: kompetensi pedagogis, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, kompetensi dan social . Salah satu cara untuk meningkatkan kelima kompetensi tersebut dapat dicapai melalui peran dan manajemen dari kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru; (2) Keberhasilan Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru; (3) Faktor Penghambat dan Solusi Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SDIT Khoiru Ummah Curup. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SDIT Khoiru Ummah Curup. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di SDIT Khoiru Ummah, yaitu: Pertama, Manajemen Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru pendidikan Islam yaitu: (1) Mengikutkan guru dalam diklat, pelatihan dan seminar, (2) Mengedepankan kedisiplinan, (3) Memotivasi guru, motivasi dari kepala sekolah menjadi semangat bagi guru untuk meningkatkan perbaikan dalam inovasi pendidikan sebagai wujud nyata mengembangkan kompetensi, (4) Pelaksanaan Sepervisi. Kedua, penerapan dari manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru sangat berpengaruh kepada kompetensi guru PAI di SDIT Khoiru Ummah Curup, yaitu bahwa para guru sudah menerapkan kelima standar kompetensi dasar yang diatur oleh pemerintah dengan sebaik-baiknya. Ketiga, Hambatan dan solusi manajemen kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru pendidikan Islam di SDIT Khoiru Ummah Curup, yaitu: Peran orang tua belum tampak pada pribadi/karaker masing-masing peserta didik dan bersamaannya waktu mengajar guru dengan waktu pelatihan-pelatihan dalam meningkatkan kompetensi guru. Namun Kepala Sekolah SDIT Khoiru Ummah melakukan musyawarah kepada wali siswa agar selalu terlibat dalam memantau kemajuan siswa dan sekolah selalu mengadakan kerjasama dengan berbagai instansi pendidikan baik dengan sekolah lain, dinas pemerintah, ataupun dengan perguruan lainnya sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sarana pelatihan bagi para guru dan meminta waktu yang efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Rahmanisa, RahmanisaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerAsha, LukmanUNSPECIFIED
ReviewerKusen, KusenUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 30 Oct 2019 04:22
Last Modified: 30 Oct 2019 04:22
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/601

Actions (login required)

View Item View Item