Analisis Tingkat Pemahaman Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah Iain Curup Terhadap Produk Bank Syariah

Khasanah, Utari and Istan, Muhammad and Fitmawati, Fitmawati (2024) Analisis Tingkat Pemahaman Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah Iain Curup Terhadap Produk Bank Syariah. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FULL TEXT_.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bank syariah adalah bank yang beroperasi dengan prinsip syariah, yaitu aturan perjanjian berdasarkan hukum islam antara bank dan pihak lain, dalam penyimpanan dana dan pembiayaan kegiatan usaha. Salah satu produk yang ditawarkan yaitu tabungan syariah dalam kegiatan usaha nya menggunakan akad wadiah atau mudharabah, yang digunakan mahasantri yaitu produk tabungan dengan akad wadiah. Selain itu mereka juga menggunakan fasilitas m-banking yang ada di bank syariah untuk memudahkan dalam transaksi sehari-hari. Minat seseorang untuk memilih suatu produk bank syariah atau menjadikan bank syariah sebagai tempat bertransaksi keuangan umumnya dipengaruhi oleh tngkat pengetahuan dan pemahaman mereka terhadap produk yang dipasarkan oleh lembaga keuangan khususnya bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasantri terhadap produk bank syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, metode ini disebut kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Adapun responden dalam penelitian ini yaitu mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Curup angkatan 2018 yang menggunakan produk bank syariah. Teknik pengumpulan data dengan memberikan kuisioner kepada responden kemudian dilakukan pengolahan data untuk mendapatkan nilai Tingkat Capaian Responden (TCR) yang kemudian digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman berada pada kategori apa. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat pemahaman mahasantri Ma’had Al-Jami’ah angkatan 2018 berada pada kategori baik, hal tersebut dibuktikan dari nilai TCR dengan persentase 71,60% dari 100%. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman yaitu faktor usia, faktor pendidikan, faktor lingkungan sosial, faktor pengalaman dan sumber informasi yang didapat. Kata Kunci: Pemahaman, Produk Bank Syariah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Khasanah, Utariutarikhasanah@students.iaincurup.ac.id
Istan, MuhammadIstanmuhammad1975@gmail.com
Fitmawati, Fitmawatifitmawati@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 27 Feb 2024 04:15
Last Modified: 27 Feb 2024 04:15
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6005

Actions (login required)

View Item View Item