Strategi Modeling Partisipan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Implikasinya terhadap Sikap Siswa (Studi pada Siswa Kelas X di SMK Negeri 06 Rejang Lebong)

Sari, Ani ratna and Karolina, Asri and Murniyanto, Murniyanto (2018) Strategi Modeling Partisipan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Implikasinya terhadap Sikap Siswa (Studi pada Siswa Kelas X di SMK Negeri 06 Rejang Lebong). Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
STRATEGI MODELING PARTISIPAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP .pdf

Download (2MB)

Abstract

Ani Ratna Sari, (14531172). “Strategi Pembelajaran Modeling Partisipan Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Implikasinya Terhadap Sikap Siswa ( Studi Pada Siswa Kelas X Di Smk Negeri 6 Rejang Lebong )”. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Curup, Skripsi 2019. Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan masih banyaknya siwa kelas X yang nilai pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam masih dibawah KKM, sifat individual siswa yang masih tinggi sehingga enggan untuk saling berinteraksi. Banyaknya siswa yang kurang memahami dan menguasai konsep pembelajaran Pendidikan Agama Islam rendahnya pemahaman tersebut disebabkan oleh kurangnya motivasi, minat belajar mereka masih kurang dan strategi yang digunakan juga masih monoton. Proses pembelajaran yang digunakan adalah yang berpusat pada guru yang hanya menggunakan metode ceramah dan berfokus pada buku. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang pembelajarannya menggunakan media berupa LKS dan terdiri dari II Siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TKR SMK Negeri 6 Rejang Lebong dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 20 orang. Teknik-teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Tes dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data observasi guru dan siswa dan data hasil tes. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa pemahaman belajar siswa dilihat dari hasil tes soal sebelum dan setelah menggunakan strategi Modeling Partisipan terdapat perbedaan dimana rata-rata hasil observasi aktivitas guru pada siklus I skor 21 dengan kategori cukup dan aktivitas belajar siswa memperoleh skor 20.5 dengan kategori cukup. Pada siklus II aktivitas guru memperoleh skor 34 dengan kategori baik, dan aktivitas siswa dengan skor 34 dengan kategori baik. Pada pemahaman siswa sebelum menggunakan strategi Modeling Partisipan dilihat dari hasil belajarnya adalah sebesar 65,6 dan hasil siklus I sebesar 74,25 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 91,7.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, Ani ratnaUNSPECIFIED
Karolina, AsriUNSPECIFIED
Murniyanto, MurniyantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Modeling Partisipan; Pelajaran Pendidikan Agama Islam; Sikap Siswa
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 25 Jul 2019 04:46
Last Modified: 04 Nov 2019 03:41
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/60

Actions (login required)

View Item View Item