Strategi Pembelajaran Kosakata Dengan Permainan Teka-Teki Bergambar Siswa Kelas 1 Di Sdn 72 Rejang Lebong

Permata Sari, Intan and Ratnawati, Ratnawati and Putrajaya, Guntur (2024) Strategi Pembelajaran Kosakata Dengan Permainan Teka-Teki Bergambar Siswa Kelas 1 Di Sdn 72 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
full texxt.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih dalam tentang bagaimana strategi pembelajaran kosakata dengan permainan teka-teki bergambar siswa kelas 1 di SDN 72 Rejang Lebong. Adapan rumusan masalah adalah bagaimana strategi pembelajaran kosakata dengan permainan teka-teki bergambar siswa kelas 1 di SDN 72 Rejang Lebong, serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kosakata dengan permainan teka-teki bergambar siswa kelas 1 di SDN 72 Rejang Lebong. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitaif dengan pendekatan deskriptif, subjek penelitian ini adalah wakil kepala sekolah, guru dan siswa kelas 1. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, waktu dan teknik, serta meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Strategi pembelajaran kosakata mengggunakan permainan teka-teki bergambar yaitu : (1) Strategi yang digunakan guru yaitu guru menyiapkan alat seperti print out lembaran kertas, di dalam lembaran kertas tersebut berisikan gambar dan kolom untuk diisi, di awalan kolom terdapat awalan huruf. (2) Sebelum memulai permainan teka-teki bergambar tersebut guru menjelaskan terlebih dahulu supaya siswa dan siswi paham dan mengerti. (3) Guru membebaskan peserta didik untuk belajar sambil bermain supaya dalam peroses pembelajaran peserta didik tidak merasa bosan dan mudah memahami suatu pembelajaran. (4) Kemudian strategi yang digunkan, guru membuat kelompok belajar. Kedua, Faktor penghambat pembelajaran kosakata dengan permainan teka-teki bergambar yakni ada 2 orang siswa yang belum bisa membaca oleh karena itu menjadi penghambat dalam pembelajaran, kemudian siswanya yang kurang tertib, kemudian yang menjadi faktor penghambat orang tua yang tidak mengajarkan anaknya ketika berada dirumah. Adapun faktor pendukung pembelajaran kosakta dengan permainan teka-teki bergambar yakni, denga adanya permainan teka-teki bergambar itu mempermudah siwa dan siswi kelas 1 dalam menguasai kosakata, dapat mempermudah guru juga dalam mengajar siswa untuk bisa menulis dan membaca. Kata kunci : kosakata, permainan teka-teki bergambar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Permata Sari, Intanintanpermata@students.iaincurup.ac.id
Ratnawati, Ratnawatiratnawati@iaincurup.ac.id
Putrajaya, Gunturguntur.putrajaya@gmail.com
Subjects: L Education > LD Individual institutions (United States)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 31 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2024 04:19
Last Modified: 28 Feb 2024 07:14
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5999

Actions (login required)

View Item View Item