Hariyani, Hariyani and Baryanto, Baryanto and Deriwanto, Deriwanto (2024) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan PSHT Di SD Negeri 72 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Skripsi Hariyani (19591092).pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pencak silat PSHT dalam membentuk karakter di SDN 72 Rejang Lebong dan untuk mendeskripsikan karakter yang dibentuk oleh PSHT. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tenik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pelatih Pencak Silat PSHT dan siswa. Hasil penelitian pada penelitian ini dalam pembentukan karakter siswa dapat diakukan kerja sama yang baik antara guru dan pelatih, karakter siswa tidak hanya di bentuk melalui kegiatan pembelajaran di sekolah saja, akan tetapi melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat PSHT ini juga karakter siswa dapat di bentuk menjadi lebih baik lagi. Dari yang kurang disiplin saat belajar di sekolah, menjadi lebih disiplin setelah mengikuti kegitan pencak silat, dari yang kurang akrab di sekolah setelah mengikuti kegiatan pencak silat menjadi lebih akrab, dari yang kurang peduli terhadap lingkungan sekitar menjadi lebih peduli. Jadi, peran PSHT ini sangat penting dalam pembentukan karakter siswa baik itu karakter disiplin, gotong royong, tanggung jawab, dan religius. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Kegiatan PSHT
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Users 31 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 27 Feb 2024 03:52 | ||||||||
Last Modified: | 27 Feb 2024 03:52 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5996 |
Actions (login required)
View Item |