Pengaruh Media Paliber Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 72 Rejang Lebong

Herlina, Ade and Nasution, Aida Rahmi and Oktori, Agus Riyan (2024) Pengaruh Media Paliber Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 72 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
ADE HERLINA (19591001) FIXS.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang digunakan siswa dalam proses pembelajaran belum meningkatkan motivasi belajar siswa dalam belajar secara aktif dan mandiri. Hal ini dapat dilihat pada pembelajaran yang hanya berpusat pada guru dan bahan ajar yang digunakan hanya menggunakan buku cetak dari sekolah. Dengan demikian salah satu upaya yang dapat dilakukan agar meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan menggunakan media Paliber. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Paliber terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian adalah Kuantitatif. Jenis Pre-Eksperimental Design dengan pendekatan One- Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik IMB 25. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 45 peserta didik dengan jumlah sampel yang diambil berjumlah 23 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukan : 1) penerapan media Paliber terhadap motivasi belajar peserta didik menggunakan dua tahapan yaitu (a) sebelum penggunaan media paliber, terlebih dahulu peneliti merencanakan pelaksanaan pembelajaran, meliputi silabus, rpp, pembuatan media dan penerapan materi pembelajaran. (b) selanjutnya penggunaan media paliber terhadap motivasi belajar siswa diukur dengan pemberian angket. 2) pengaruh penggunaan media Paliber terhadap motivasi belajar siswa diperoleh skor keseluruhan rata-rata pretest sebesar 65,43 sedangkan nilai postest sebesar 80,30. Hasil uji hipotesis menggunakan analisis Paired Sample Test dengan taraf signifikan 5% (0,05), yaitu 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan nilai t_(hitung )> t_(tabel )(5,095 > 1,721) sehingga terdapat pengaruh positif yang signifikan sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan, artinya dapat disimpulkan bahwa semakin baik media dan model pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa, maka motivasi siswa semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Herlina, Adeadeherlina@students.iaincurup.ac.id
Nasution, Aida Rahmiaidarahminasution@iaincurup.ac.id
Oktori, Agus Riyanagusriyanoktori@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 27 Feb 2024 03:45
Last Modified: 27 Feb 2024 03:45
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5987

Actions (login required)

View Item View Item