Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Dalam Perbedaan Suku Budaya Dan Agama Di Sdn 80 Rejang Lebong

Anggraini, Lia and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Mina Putra, Muksal (2024) Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Dalam Perbedaan Suku Budaya Dan Agama Di Sdn 80 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FULLL.TEXT.pdf

Download (4MB)

Abstract

SDN 80 Barumanis merupakan salah satu Desa yang terletak di kecamatan Bermani Ulu Kab, Rejang Lebong. SDN ini memiliki keunikan teresendiri dari sekolah-sekolah lainnya. Siswa-siswi SDN 80 Barumanis merupakan penganut tiga agama yaitu salah satu dari Islam, Kristen dan Sapta Darma. Islam merupakan agama mayoritas, sementara kristen dan sapta darma merupakan agama minoritas di SDN 80 RL. Melalui penelitian ini tujuannya adalah untuk menemukan gambaran tentang: pertama upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai toleransi dalam perbedaan suku budaya dan agama di Sekolah kedua faktor penghambatan dalam menanamkan nilai-nilai toleransi ketiga faktor penendukung dalam menanamkan nilai-nilai toleransi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Penelitian ini di lakukan di SDN 80 RL, sumber datanya adalah Kepala Sekolah, Dewan Guru dan Murid. Data di peroleh melalui ovbservasi wawancara kepada pihak terkait dan dokumentasi. Kemudian data di kroscek untuk memastikan data tersebut akurat. Selanjutnya di lakukan analisis, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai toleransi dalam perbedaan suku budaya dan agama sangatlah baik. Contohnya: memperkuat dasar-dasar kerukunan internal dan antar umat beragama diluar maupun di lingkungan sekolah, membangun harmoni sosial dan persatuan, menciptakan suasana kekeluargaan yang aman nyaman dan tentram, dilingkungan sekolah maupun di luar sekoah, menempatkan rasa cinta dan kasih dalam sekolah dengan cara menghilangkan rasa curiga terhadap perbedaan yang ada, membiasakan siswa mengucapkan salam kepada guru dan seluruh warga di sekolah, membiasakan siswa bersikap sopan santun, membuang sampa pada tepatnya, antri, menghargai pendapat orang lain, meminta izin ketika hendak masuk/keluar kelas, membatu atau menolong orang lain. Kedua Faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai toleransi dalam perbedaan suku budaya dan agama meliputi kemampuan siswa menahan emosi, mampu menerapkan toleransi, beberapa fasilitas yang kurang, padatnya materi, tidak adanya peraturan yang mengatur tentang diskriminasi antar suku budaya dan agama. Ketiga Faktor pendukung dalam menanamkan nilai-nilai,kebijakan kepala sekolah akan adanya penanaman nilai-nilai toleransi, kerjasama yang terjadi sebagai wujud toleransi yang di terapkan oleh seluruh warga suasana sekolah yang cukup kondusif untuk penanaman dan penerapan toleransi. Kata kunci : Toleransi, Upaya Guru Menanamkan Toleransi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anggraini, Lialiaangraini@students.iaincurup.ac.id
Hamengkubuwono, Hamengkubuwonohamengku7@gmail.com
Mina Putra, Muksalmuksalminaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > LD Individual institutions (United States)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 26 Feb 2024 08:47
Last Modified: 28 Feb 2024 07:31
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5980

Actions (login required)

View Item View Item