Analisis Keterkaitan Modul Ajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur'An Hadits Kelas IV di Mim 10 Karang Anyar

Zulfiana, Maliha and Mahfuz, Mahfuz and Maryati, Ana (2024) Analisis Keterkaitan Modul Ajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur'An Hadits Kelas IV di Mim 10 Karang Anyar. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext (4).pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

“Analisis Keterkaitan Modul Ajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Mim 10 Karang Anyar” Abstak Pelndidikan melrupakan suatu hal yang sangat vital dalam pelmbelntukan karaktelr dan kelpribadian selselolrang. Salah satu aspelk pelnting dalam pelndidikan adalah pelmbellajaran agama, khususnya pelmbellajaran Al-Qur'an dan Hadits selbagai sumbelr utama ajaran Islam. Delngan melngelmbangkan moldul ajar yang baik diharapkan akan mampu melningkatkan pelmahaman dan kelcintaan pelselrta didik telrhadap ajaran islam. Pelndidikan agama yang belrkualitas akan melmbelrikan kolntribusi polsitif telrhadap pelmbelntukan karaktelr dan molral individu. Delsain moldul ajar Al-Qur'an dan Hadits melnjadi faktolr kunci dalam melmoltivasi pelselrta didik untuk melnggali pelmahaman lelbih dalam telrhadap ajaran agama. Seltellah pelnelliti mellakukan olbselrvasi, Pelnelliti mellihat bahwa pelselrta didik kurang bersemangat atau kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran al-qur’an hadits, karena modul ajar yang digunakan kurang kreatif atau kurang menarik sehingga siswa merasa bosan dan suasana kelas menjadi monoton, setelah melakukan pengembangan modul ajar sehingga siswa antusias dan termotivasi dalam pembelajaran al-qur’an hadits. Dari hasil pelnellitian, maka dipelrollelh kelsimpulan 1) Modul ajar sangat berkaitan terhadap motivasi dalam belajar, karena modul merupakan bahan acuan atau rujukan dalam proses pembelajaran. Jika tidak menggunakan acuan modul ajar dalam mengajar maka prooses pembelajaran pun tidak akan berjalan secara bruntut dan waktunya pun tidak teratur 2) Adapun karakteristik modul ajar yaitu: self instructional, self contained, stand alone, adaftif modul, user friendly. 3) Mengguanakan modul ajar yang baik dapat menghasil pembelajaran yang baik juga. Kata Kunci: Moldul Ajar, Moltivasi, Al-Qur’an Hadits

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Zulfiana, Malihamaliha.zulfiana@students.iaincurup.ac.id
Mahfuz, Mahfuzmahfuz@iaincurup.ac.id
Maryati, Anaanamaryati@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Peranan Riski Kurnia Putri
Date Deposited: 26 Feb 2024 08:24
Last Modified: 26 Feb 2024 08:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5976

Actions (login required)

View Item View Item