Haryanto, Roka and Harmi, Hendra and Yulizah, Yosi (2024) Pengaruh Media Flipchart Berbasis Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sdn 77 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Full text...pdf - Accepted Version Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV SD Negeri 77 Rejang Lebong, penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui proses penerapan media pembelajaran Flipchart berbasis gambar 2) Mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelas eksperimen dan kontrol; 3) Mengetahui pengaruh media pembelajaran Flipchart berbasis gambar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 77 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi Penelitian addalah siswa kelas IV SDN 77 Rejang Lebong, yang berjumlah 23 orang siswa, desain yang digunakan yaitu one group pretet-posttest desaign. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Dari hasil proses penerapan media pembelajaran Flipchart terdapat perbedaan antara nilai pretest dan posttest yang dimana nilai posttest lebih baik, artinya terdapat peningkatan kognitif siswa setelah diberi perlakuan; 2) Perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil posttest dan pretest, Hasil belajar siswa dengan menggunakan teknik pembelajaran konpensiona dalam proses pembelajaran IPA pada kelas IV SDN 77 Rejang Lebong, diperoleh rata-rata tes awal (prettest) 46,78 sedangkan untuk hasil belajar siswa setelah di terapkan pembelajaran dengan menggunakan media Flipchart (posttes) 77,73. Berdasarkan hasil rata-rata posttest bahwa pembelajaran menggunakan media Flipchart dalam proses pembelajarannya, memiliki hasil yang lebih baik; 3) Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan Flipchart sebagai media pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 77 Rejang Lebong, berdasarkan uji hipotesis paired sampel t test, diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,005, maka Ho ditolak dan Ha diterim a. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest, yang artinya ada pengaruh media Flipchart (variable X) terhadap hasil belajar (variable Y) dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 77 Rejang Lebong. Kata Kunci : Media Flipchart, Hasil Belajar, IPA Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LD Individual institutions (United States) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 26 Feb 2024 08:13 | ||||||||
Last Modified: | 26 Feb 2024 08:13 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5960 |
Actions (login required)
View Item |