Implementasi modul pembelajaran ips berbasis kearifan lokal pada kelas iv di min 03 kepahiang

MUHAMMAD WAHYU SYAHPUTRA, 19591146 and Zulaiha, Siti and Yulizah, Yosi (2024) Implementasi modul pembelajaran ips berbasis kearifan lokal pada kelas iv di min 03 kepahiang. Sarjana thesis, INSTITTU AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
MUHAMMAD WAHYU SYAHPUTRA.pdf

Download (4MB)

Abstract

IMPLEMENTASI MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA KELAS IV DI MIN 03 KEPAHIANG ABSTRAK Oleh : Muhammad Wahyu Syahputra Tujuan penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya guru harus mampu mengintergrasi kearifan lokal dalam proses pembelajaran yang kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan implementasi modul pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal di MIN 03 Kepahiang; (2) mengidentifikasikan faktor pendukung dan faktor penghambat modul pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal di MIN 03 Kepahiang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan deskriftif kualitattif yang berarti penelitian dilakukan secara sistematis dengan mengumpulkan dan menganalisis berupa kata-kata lisan serta mengangkat data yang ada di lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan melalui tiga tahapan yakni Reduksi Data, Penyajian Data, Penyimpulan Data. Serta teknik uji keabsahan data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa; (1) implementasi modul pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal di MIN 03 Kepahiang sudah sudah mengikuti tahapan-tahapan yang jelas dan terkonsep sesuai dengan karakteristik modul perencanaan implementasi modul, pelaksanaan implementasi modul, evaluasi modul pembelajaran; (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat modul pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal di MIN 03 Kepahiang. Faktor pendukung meliputi: pengalaman guru, lingkungan dan peraturan sekolah, sarana dan prasarana, dan faktor penghambat, meliputi: kurangnya pelatihan guru, kurannya kesadaran diri peserta didik, leterbatasan waktu disekolah, minimnya perhatian orang tua terhadap anak bagaimanapun juga peranan orang tua dalam menumbuhkan karakter pada anak jauh lebih besar di bandingkan dengan peranan guru di sekolah karena waktu anak lebih banyak dengan orang tua mereka. Kata Kunci : Implementasi Modul, Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
MUHAMMAD WAHYU SYAHPUTRA, 19591146mwahyusyahputra@iaincurup.ac.id
Zulaiha, Sitisitizulaiha@iaincurup.ac.id
Yulizah, Yosichieyosi@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Implementasi Modul, Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Intan Permata Sari
Date Deposited: 26 Feb 2024 04:43
Last Modified: 26 Feb 2024 04:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5952

Actions (login required)

View Item View Item