Merinza, Dwinki and Khair, Ummul and Misriani, Agita (2024) Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 2 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
skripsi akhir dwinki merinza revisi terbaru (1).pdf - Accepted Version Download (43MB) |
Abstract
xiii Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 2 Rejang Lebong Dwinki Merinza 20541009 ABSTRAK Kesulitan belajar siswa akan menghambat penguasaan materi pelajaran. Kesulitan belajar dapat dialami oleh siswa karena adanya sikap dan perilaku yang menghambat dalam proses belajarnya. Sejumlah kesulitan yang dialami siswa saat proses belajar mengajar dapat dilihat pada Suasana belajar, lingkungan belajar dan rancangan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang: 1) Untuk mengetahui kesulitan belajar siswa kelas XF pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. 2) Untuk mengetahui apa saja faktor yang mem pengaruhi kesulitan belajr siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 2 Rejang Lebong. 3) Untuk mengetahui upaya dalam mengatasi kesulitan siswa kelas XF pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 2 Rejang Lebong. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif Deskriptif semua yang dikumpulkan berkemungkinan menjadi kunci terhadap apa yang sudah diteliti. Dengan demikian, laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan tersebut. Data tersebut berasal dari naskah wawancara, dengan guru Bahasa Indonesia ibu Venti Nefitri, M. Pd dan siswa kelas XF yang mengalami kesulitan belajar , foto, dokumentasi dengan guru Bahasa Indnesia dan Siswa Kelas XF dan dokumen resmi wawancara terhadap guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas XF yang mengalmi kesulitan belajar. Dengan demikian, laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan skripsi. Hasil penelitian menunjukan bahasa ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 2 Rejang Lebong Kesulitan belajar disebabkan oleh suasana belajar kurang mendukung, waktu yang diberikan terlalu cepat, landasan belajar yang kurang kuat, lingkungan belajar, perancangan pengajaran, dan penyampaian materi pelajaran. Peran guru dalam upaya mengatasi kesulitan belajar siswa Pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia yaitu: 1) metode yang bervariasi, 2) pahami kebutuhan siswa, 3) kereatifitas dalam pendekatan, 4) konsistensi dalam struktur materi, 5) penggunaan mendua visual, 6) Berikan umpan balik konstruktif, 7) Inklusifitas, 8) Koneksi dengan kehidupan nyata, 9) Evaluasi dan penyesuaian.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 26 Feb 2024 04:57 | ||||||||
Last Modified: | 26 Feb 2024 04:57 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5947 |
Actions (login required)
View Item |