Pelaksanaan program muhadharah dan relevansinya terhadap kemampuan berbicara peserta didik (studi kasus di min 1 rejang lebong)

Susilawati, Susilawati and Dewi, Jauhari Kumara and Ningsih, Iis Erma Kurnia (2024) Pelaksanaan program muhadharah dan relevansinya terhadap kemampuan berbicara peserta didik (studi kasus di min 1 rejang lebong). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
IIS ERMA KURNIA NINGSIH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan berbicara yang dimiliki oleh peserta didik saat tampil didepan umum ini, maka diperlukan bimbingan serta latihan untuk menunjang kemampuan berbicara bagi siswa salah satunya dapat dikembangkan melalui program yang dibuat oleh sekolah yakni program Muhadharah, yang dapat memberikan arahan bagi setiap siswa serta bimbingan untuk latihan berpidato serta dapat mengembangkan kemampuan yang ada pada setiap siswa. Oleh karena itu penelitian memiliki fokus untuk: 1) mengetahui bentuk pelaksanaan kegiatan muhadharah dan relevansinya dalam kemampuan berbicara peserta didik, 2) mengetahui hambatan dalam pelaksanaan muhadharah di MIN 1 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif dengan tipe penelitian lapangan (field research), data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan subjek Penelitian kepala sekolah, Pembina, guru kelas dan siswa. Teknik analisis data peneliti lakukan melalui tiga tahapan yakni, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan: 1) bentuk pelaksanaan program muhadharah ini yaitu melalui bentuk pelaksanaannya, perencanaan (tujuan kegiatan), dan evaluasi. Muhadharah rutin dilaksanakan setiap minggu ke-4 hari jum’at pukul 07.00 wib sampai selesai, pelaksanaan muhadharah wajib dilaksanakan oleh seluruh siswa dan yang menjadi petugas yakni kelas V dan VI yang telah terjadwal untuk kelas rendah sebagai audiensnya saja. Selain itu banyak manfaat yang didapatkan oleh siswa setelah mengikiti program muhadharah tersebut yakni meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa, mengembangkan potensi yang sudah dimiliki oleh siswa, membentuk nalar berfikir, percaya diri ketika berpidato di depan umum. 2) terdapat penghambat dalam pelaksanaan nya yakni dilihat dari, minat siswa, karakter siswa yang berbeda serta kurangnya waktu berlatih di sekolah. Kata Kunci: Muhadharah, Siswa, Kemampuan Berbicara

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Susilawati, Susilawatisusilawati@iaincurup.ac.id
Dewi, Jauhari Kumarajauharikumara@iaincurup.ac.id
Ningsih, Iis Erma Kurniaiiserma@students.iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun9
Date Deposited: 26 Feb 2024 07:26
Last Modified: 26 Feb 2024 07:26
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5935

Actions (login required)

View Item View Item