Efektifitas metode role playing terhadap hasil Belajar ips siswa kelas VI SDN 40 Rejang Lebong

Nuragusti Kartika, Titik and Muhammad, Taqiyuddin and Putrajaya, Guntur (2024) Efektifitas metode role playing terhadap hasil Belajar ips siswa kelas VI SDN 40 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
TITIK NURAGUSTI KARTIKA.pdf - Accepted Version

Download (969kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi kegiatan KBM di SD N 40 Rejang Lebong Dominasi guru dalam proses pembelajaran memiliki kecenderungan pasif sehingga peserta didik lebih banyak menunggu sajian guru dari pada mencari dan menemukan sendiri pengetahuan, keterampilan, atau sikap yang dibutuhkan peserta didik dan diketahui bahwa sebagian peserta didik masih sering berbicara sendiri dengan teman sebangkunya saat proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI di SD N 40 Rejang Lebong. Bentuk desain penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 40 Rejang Lebong. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V1 di SD N 40 Rejang Lebong. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan satu kelas, yaitu peserta didik kelas VI yang berjumlah 5 peserta didik. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Role Playing lebih tinggi daripada hasil belajar yang menggunakan metode pembelaran biasa. hal ini terlihat pada penggunaan metode pembelajaran Role Playing cukup efektif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VI di SD N 40 Rejang Lebong. Hal ini telah dibuktikan berdasarkan pengumpulan data dan hasil analisis data eksperimen melalui pengolahan data yang diperoleh nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,524. Dengan demikian kriteria pengujian maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya menunjukkan bahwa Ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan metode Role Playing (Bermain Peran) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VI pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 40 Rejang Lebong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nuragusti Kartika, Titikkartika@students.iaincurup.ac.id
Muhammad, Taqiyuddinmtaqiyudin@gmail.com
Putrajaya, Gunturgunturcikaman@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 26 Feb 2024 04:03
Last Modified: 26 Feb 2024 04:03
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5933

Actions (login required)

View Item View Item