Pengaruh Penggunaan Media Buku Berbasis Cerita Bergambar (Cergam) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 4 Rejang Lebong

Shaputri, Rhevi and Wahyudi, Edi and Yulizah, Yosi (2024) Pengaruh Penggunaan Media Buku Berbasis Cerita Bergambar (Cergam) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 4 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI RHEVI SHAPUTRI.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di sekolah pada SDN 4 Rejang Lebong pembelajaran kelas IV, guru belum sepenuhnya menggunakan media sebagai penyampaian materi dan belgitu tujuan pelnilitian ini untuk melngeltahui sebelum dan susadah dalam penggunaan media buku berbasis cerita bergambar dan apakah ada pengaruh penggunaan media buku berbasis cerita bergambar terhadap hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes sebelum dan setelah penerapan media pembelajaran. Analisis data menggunakan pendekatan statistik untuk menentukan apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian ini dilakukan uji kemampuan awal (pretest) ke siswa kelas IV. A SDN 4 Rejang Lebong yang berjumlah 23 orang terdiri dari 12 laki-laki dan 11 perempuan, dan uji kemampuan akhir (posstest) setelah pemberian perlakuan. Siswa kelas IV (empat) SDN 4 Rejang Lebong tersebut merupakan kelas eksperimen. Sedangkan kelas kontrol merupakan siswa kelas IV. C SDN 4 Rejang Lebong yang juga berjumlah 24 orang. Dalam penelitian ini, tes hasil belajar siswa diberikan sebanyak dua kali, yaitu tes ketika sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan diberikan perlakuan (posttest), dengan menggunakan soal�soal yang serupa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap pencapaian hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah di peroleh memberikan kesimpulan bahwa dapat dilihat dari rata-rata pretest-posttest siswa terdapat peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan, setelah siswa diberikan perlakuan dengan media berbasis cergam sebagai media pembelajarannya terdapat peningkatan hasil belajar. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis paired sampel t test, pretest posttest pada kelas eksperimen, diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest, yang artinya ada pengaruh media buku berbasis cergam untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 4 Rejang Lebong. Kata Kunci: Media Cerita Bergambar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Shaputri, Rhevirhevisaputri@students.iaincurup.ac.id
Wahyudi, Ediediwahyudi@iaincurup.ac.id
Yulizah, Yosichieyosi@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun9
Date Deposited: 26 Feb 2024 04:48
Last Modified: 26 Feb 2024 04:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5931

Actions (login required)

View Item View Item