Strategi Guru Dalam Penilaian Sikap Sosial Siswa Pada Kurikulum 2013 Kelas IV di SDN 4 Rejang Lebong

Rivi, Sekar Ayu Asmima and Rahman, Abdul and Oktori, Agus Riyan (2024) Strategi Guru Dalam Penilaian Sikap Sosial Siswa Pada Kurikulum 2013 Kelas IV di SDN 4 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI SEKAR AYU ASMIMA RIVI.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa siswa kelas IV di SDN 4 Rejang Lebong masih banyaknya perilaku anak sekarang yang sangat keluar dari norma dan aturan yang berlaku, anak yang tidak bisa menghargai orang yang lebih dewasa juga merupakan salah satu tugas dari seorang guru sebagai pendidik. Salah satu faktor terjadinya hal tersebut karena kurangnya sikap sosial yang diterapkan anak di dalam dan diluar pembelajaran sekolah, ketika di dalam sekolah anak biasanya melakukan kerja kelompok bersama teman-temanya namun banyak diantara mereka yang masih tidak bisa bekerja kelompok dengan baik, namun di luar pembelajaran sikap sosial siswa ini sangat kurang sekali seperti banyaknya perkelahian, saling adu domba dan sebagainya. Tujuan penelitian untuk mengetahui Strategi Guru dalam Penilaian Sikap Sosial Siswa pada Kurikulum 2013 Kelas IV di SDN 4 Rejang Lebong dan Untuk mengetahui kendala yang dihadapi Guru dalam Penilaian Sikap Sosial Siswa pada Kurikulum 2013 Kelas IV di SDN 4 Rejang Lebong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseach) dan menggunakan pendekatan deskriftif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tenik analisis data menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclution drawing and varification (penarikan kesimpulan dan verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan setiap guru memiliki strategi dalam penilaian sikap siswanya, khususnya pada penilaian pembelajaran tematik, agar penilaian sikap siswa menjadi lebih baik maka para guru membuat strategi seperti kontrak belajar, didalam kontrak belajar tersebut memuat perjanjian dan kesepakatan antara guru dan siswa. Hal ini bertujuan agar penilaian sikapnya dapat terlaksana menjadi lebih baik. Selain itu, guru memotivasi siswa dengan reward, motivasi, penguatan, arahan dan guru juga mencontohkan hal yang baik. Kendala yang dihadapi Guru dalam penilaian sikap ialah terkendala waktu, karena para guru tidak bisa memberi penilaian sekaligus pada semua siswa saat pembelajaran di kelas, terkadang guru mengambil penilaian yang menonjol dari setiap siswa. Kendala lainnya adalah dari beberapa kelas masih ada siswa yang sikap sosialnya masih rendah khususnya pada sikap kurangnya percaya diri dan disiplin. Kata Kunci: Strategi Guru, Penilaian Sikap Sosial, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rivi, Sekar Ayu Asmimasekarayu@students.iaincurup.ac.id
Rahman, Abdulabdulrahman04071972@gmail.com
Oktori, Agus Riyanagusriyanoktori@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun9
Date Deposited: 26 Feb 2024 04:54
Last Modified: 26 Feb 2024 04:54
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5930

Actions (login required)

View Item View Item