Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Aplikasi Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Berbasis TechnologicalPedagogical content Knowledge (TPACK)

Sari, Purnama and Rahmadeni, Fevi and Septiana, Anisya (2024) Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Aplikasi Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Berbasis TechnologicalPedagogical content Knowledge (TPACK). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Purnama Sari. 20571009. Skripsi.pdf - Accepted Version

Download (27MB)

Abstract

Purnama Sari. 2024. Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Aplikasi GeoGebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di SMP IT Rabbi Radhiyya diketahui dalam pembelajaran matematika guru belum menggunakan sebuah aplikasi khusus untuk pembelajaran matematika salah satunya aplikasi GeoGebra. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui proses kegiatan pembelajaran, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, dan ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan aplikasi GeoGebra Terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Jenis metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Hasil dari penelitian yaitu: 1) Keterlaksanaan pembelajaran model PBL berbantuan aplikasi GeoGebra terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berbasis TPACK rata-rata aktivitas guru sebesar 92,08% sedangkan aktivitas siswa sebesar 90,42% dikatakan sangat efektif. 2) Berdasarkan analisis deskriptif hasil Post-Test kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 76,82 dengan standar deviasi 9,30. 3) Keterlaksanaan pembelajaran model PBL rata-rata untuk aktivitas guru sebesar 95,00% dikatakan sangat efektif dan aktifitas siswa sebesar 88,33% dikatakan efektif 4) berdasarkan analisis deskriptif hasil Post-Test kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 70,31 dengan standar deviasi 12,66. Dan 5) Hasil analisis inferensial penggunaan model PBL berbantuan aplikasi GeoGebra berbasis TPACK terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berpengaruh secara signifikan yaitu nilai Sig. (1-tailed) sebesar 0,024 < 0,05 yang berarti H0 ditolak. Kata kunci : Pengaruh, Model Problem Based Learning, GeoGebra, Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, Purnamapurnamasari@students.iaincurup.ac.id
Rahmadeni, Fevifevirahmadeni@iain.ac.id
Septiana, Anisyaanisyaseptiana@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Problem Based Learning, GeoGebra, Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:10
Last Modified: 26 Feb 2024 03:10
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5906

Actions (login required)

View Item View Item