Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Projects (CMP) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas VIII

Karmila, Mila and Syaripah, Syaripah and Irsal, Irni Latifa (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Projects (CMP) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI FULLl SURYA KARMILA (CETAK 1).pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana aktifitas siswa saat belajar menggunakan model pembelajaran CMP, 2) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan koneksi matematis siswa saat menerapkan model pembelajaran CMP, 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CMP terhadap kemampuan koneksi matematis siswa Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu. Desain dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rejang Lebong dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII F dan VIII H dari pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling ysitu sebanyak 60 siswa. Instrumen yang digunakan yanitu tes kemmapuan koneksi matematis (pretest dan post-test), observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan Uji-T Paired Sampel T-Test. Hasil analisi menunjukan, 1) terdapat peningkatan Aktifitas belajar siswa pada model pembelajaran CMP dengan rata-rata observasi observer 1 88 % dan observer 2 93 % yang diartikan bahwa aktifitas belajara siswa mengalami peningkatan yang sangat baik, 2) kemampuan koneksi matematis siswa dengan model pembelajaran CMP dapat dilihat dari hasil postest dengan nilai tertinggi 89 dan nilai terendanya 60, 3) pengaaruh model pembelajaran CMP terhadap kemampuan koneksi matematishasil rata-rata post-test 70,07 dan pretest 32,53 dengan nilai sig 0,000 < 0,05 maka dapat disimpullkan bahwa H0 ditolak. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan model pelmbelajaran Connecteld Mathematics Project (CMP) terhadap kemampulan koneksi matematis siswa Kata kunci : Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP), Kemampuan Koneksi Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Karmila, Milakarmila@students.iaincurup.ac.id
Syaripah, SyaripahUNSPECIFIED
Irsal, Irni Latifairni.latifa@iaincurup.co.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 26 Feb 2024 02:41
Last Modified: 26 Feb 2024 02:41
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5902

Actions (login required)

View Item View Item