Silvia, Rani and Harmi, Hendra and Putra, Alven (2024) Peran Guru dalam Penanaman Sikap Moderasi Beragama pada Siswa SD Negeri 27 Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
DOC-20240226-WA0006. (1).pdf Download (15MB) |
Abstract
Di Indonesia banyak ditemui tindakan-tindakan yang mengarah pada radikalisme, kebencian terhadap agama tertentu, dan oknum penista agama dapat menjadi faktor penghancur persatuan. Oleh karena itu, institusi pendidikan memiliki peran strategis dalam memutus siklus kekerasan mengatasnamakan agama. pendidikan untuk semua siswa yang dapat diimplementasikan dalam kurikulum sekolah, pembelajaran mengenai moderasi beragama ini telah diterapkan disekolah. Sebagaimana juga di SD Negeri 27 Lebong ini terdapat keragaman agama, maka guru harus senantiasa selalu memberikan pelajaran mengenai pentingnya toleransi antar umat beragama, agar anak-anak terbiasa dengan adanya perbedaan khususnya perbedaan agama dan belajar menghormati keragaman agama yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat Inilah alasan dalam penelitian ini. Pada penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, secara holistic, dan dengan cara deskripsi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, serta pengolahan data dengan Reduksi Data, Penyajian data, dan Verifikasi Data/Penarikan Penyimpulan. Keabsahan data dengan Triangulasi Metode, Triangulasi Teknik, dan Triangulasi Sumber. Hasil penelitiannya adalah apa peran guru di SD Negeri 27 Lebong dalam menanamkan sikap moderasi beragama yaitu Korektor, Inspirator, Informator, Motivator, Fasilitator, Pembimbing dan Pengelola Kelas. Sementara faktor pendukung atau penghambat penanaman moderasi beragama pada siswa SD Negeri 27 Lebong. Faktor Pendukung yaitu pemahaman agama yang baik, Pembelajaran pendidikan agama Islam, Pembentukan kelas pancasila, Adanya dukungan dari kepala sekolah, Dukungan kurikulum, dan Materi yang berkaitan dengan moderasi beragama. Faktor Penghambatnya yaitu lingkungan yang kurang kondusif dan pengaruh Media sosial. Itulah yang mendukung ataupun menghambat penanaman nilai moderasi beragama. Kata Kunci: Peran Guru, Penanaman Moderasi Beragama
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun10 akun10 | ||||||||
Date Deposited: | 26 Feb 2024 04:30 | ||||||||
Last Modified: | 06 Mar 2024 07:57 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5900 |
Actions (login required)
View Item |