Analisis Permasalahan dan Kebutuhan Pelatihan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar (Studi Pada Guru PAI SDIT Annajiyah Lubuklinggau),

Aliyah, Aliyah and Sari, Dewi Purnama and Warlizasusi, Jumira (2024) Analisis Permasalahan dan Kebutuhan Pelatihan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar (Studi Pada Guru PAI SDIT Annajiyah Lubuklinggau),. Masters thesis, Pascasarjana IAIN Curup.

[img] Text
ANALISIS PERMASALAHAN DAN KEBUTUHAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam menghadapi tantangan global dan perubahan zaman, sistem pendidikan di Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan. Kurikulum, sebagai aspek krusial dalam dunia pendidikan, telah mengalami transformasi dari Rencana Pembelajaran 1947 hingga mencapai puncaknya dengan Kurikulum Merdeka Belajar. Kurikulum Merdeka Belajar mencerminkan respons terhadap perubahan masyarakat dan teknologi, menghadirkan pembelajaran yang lebih beragam dan berbasis teknologi. Pendidikan Islam, sebagai pemahaman Al-Qur'an dan As-Sunnah, turut mengikuti arus perkembangan zaman agar tetap relevan. Para guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dihadapkan pada tuntutan untuk terusberkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat. Meski demikian, perubahan dalam dunia pendidikan, terutama dengan diperkenalkannya Kurikulum Merdeka Belajar, menimbulkan sejumlah tantangan. Guru PAI sebagai agen utama dalam proses pembelajaran, diharapkan memiliki pemahaman mendalam terhadap kurikulum dan keterampilan yang memadai dalam mengimplementasikannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus dengan Informan empat guru PAI di SD IT Annajiyah Lubuklinggau. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan Analisa data menggunakan model spiral dari John W. Creswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebagian dari guru PAI SD IT Annajiyah Lubuklinggau telah memahami latar belakang, tuntutan, aspek-aspek, kekhasan dan kebaruan dari Kurikulum Merdeka Belajar, namun sebagian lainnya belum. Guru-guru PAI SD IT Annajiyah Lubuklinggau mengalami permasalahan di dalam menyusun Modul Ajar dan Menyusun desain Pembelajaran Berdiferensiasi yang sesuai dengan kontek Merdeka Belajar. Pelatihan yang dibutuhkan Sebagian besar guru PAI di SD IT Annajiyah Lubuklinggau yaitu pelatihan Menyusun Modul Ajar dan pelatihan Menyusun desain pembelajaran berdiferensiasi sesuai kontek Merdeka Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Aliyah, AliyahUNSPECIFIED
Sari, Dewi Purnamadewipurnamasari@gmail.com
Warlizasusi, Jumirajumira.ifnaldi@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pelatihan, Guru, Kurikulum Merdeka Belajar, PAI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 27 Feb 2024 04:35
Last Modified: 27 Feb 2024 04:54
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5897

Actions (login required)

View Item View Item