Etnomatematika kebudayaan rejang lebong Sebagai sumber belajar matematika sd/mi

Syaripah, Syaripah and Irsal, Irni Latifa and Amatullah, Fauziah Nadila (2024) Etnomatematika kebudayaan rejang lebong Sebagai sumber belajar matematika sd/mi. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FAUZIAH NADILA AMATULLAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

etertarikan terhadap budaya lokal terutama kebudayaan Rejang Lebong harus terus dipertahankan bahkan ditingkatkan disamping semakin canggihnya teknologi serta masuknya kebudayaan asing yang membuat masyarakat melupakan budaya sendiri. Pentingnya pendidikan dan kebudayaan menjadikan keduanya harus berjalan seimbang, hal itulah yang mendorong adanya sumber belajar berbasis budaya. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep matematika pada Tari Kejei untuk dijadikan sumber belajar Matematika SD/MI, untuk mengetahui konsep matematika pada Batik Kaganga untuk dijadikan sumber belajar Matematika SD/MI, untuk mengetahui konsep matematika pada Aksara Kaganga untuk dijadikan sumber belajar Matematika SD/MI Penelitian ini menggunakan metode penelitian library reseach atau studi kepustakaan. Beberapa langkah yang dilakukan peneliti saat melakukan pengumpulan data dalam penelitian kepustakaan sebagai berikut, menghimpun literatur, mengklasifikasikan buku, dokumen, dan sumber data lain, mengutip data sesuai fokus penelitian, melakukan cross check, mengelompokan data berdasarkan sistematika penulisan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data induktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pertama konsep matematika pada Tari Kejei untuk dijadikan Sumber Belajar Matematika SD/MI, dalam Tari Kejei terdapat beberapa gerakan yang biasa ditarikan dan didalam gerakan Tari Kejei tersebut mengandung konsep matematika Geometri yaitu, Segitiga dan Persegi. Kedua konsep matematika pada Batik Kaganga untuk dijadikan Sumber Belajar Matematika SD/MI, dalam Batik Kaganga terdapat berbagai motif motif dan didalam motif tersebut mengandung konsep matematika geometri yaitu, Lingkaran, Tabung, Belah Ketupat, dan Segitiga. Ketiga konsep matematika pada Aksara Kaganga untuk dijadikan Sumber Belajar Matematika SD/MI, didalam aksara kaganga terdapat berbagai huruf dan didalam huruf aksara tersebut mengandung konsep matematika geometri yaitu, Belah Ketupat, Segitiga, dan Lingkaran. Kata Kunci : Etnomatematika, Kebudayaan Rejang Lebong, Sumber Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Syaripah, Syaripahsyana1401@gmail.com
Irsal, Irni Latifairni.latifa@iaincurup.co.id
Amatullah, Fauziah Nadilafauziah19591077@students.iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun9
Date Deposited: 26 Feb 2024 07:23
Last Modified: 26 Feb 2024 07:23
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5887

Actions (login required)

View Item View Item