Implementasi program baca tulis al-qur’an Dalam mengembangkan keterampilan membaca Dan menulis al-qur’an di sdi kayuara kabupaten musi banyuasin

Idris, Muhammad and Putra, Alven and Lasmana, Wanda Ayu (2024) Implementasi program baca tulis al-qur’an Dalam mengembangkan keterampilan membaca Dan menulis al-qur’an di sdi kayuara kabupaten musi banyuasin. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi Wanda Ayu Lasmana .pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada implementasi program baca tulis Al-Qur’an dalam mengembangkan keterampilan membaca dan menulis Al-Qur’an. Keterampilan membaca dan menulis yang dimiliki oleh siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan kurangnya minat siswa untuk mengembangkan keterampilan membaca dan menulis itu sendiri. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi program baca tulis Al-Qur’an serta apa saja fakor pendukung dan faktor penghambat yang dialami guru dalam penerapan program baca tulis Al�Qur’an untuk mengembangkan keterampian membaca dan menulis Al-Qur’an. Penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam jenis penelitian ini. Kepala sekolah, guru mata pelajaran dan beberapa siswa kelas IV menjadi subjek penelitian ini. Prosedur pengumpulan informasi menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan merupakan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Triangulasi sumber dan triangulasi teksik, dua metode pengujian keabsahan data, digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi program baca tulis Al-Qur’an dalam kegiatan belajar mengajar disini siswa mampu menguasai keterampilan membaca dan menulis Al-Qur’an, siswa lebih percaya diri dan keterampilan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa berkembang pesat. Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi program baca tulis Al-Qur’an ialah untuk faktor pendukungnya yaitu adanya dukungan penuh dari sekolah yang sejalan dengan visi dan misi sekolah untuk membantu mengembangkan keterampilan membaca dan menulis Al-Qur’an. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurang lengkapnya sarana dalam kegiatan belajar mengajar dan siswa sering tidak fokus ketika guru sedang menjelaskan materi. Kata kunci : Program, Program Baca Tulis Al-Qur’an, Keterampilan Membaca

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Idris, Muhammadmuhammadidris@iaincurup.ac.id
Putra, Alvenalvenputra@iaincurup.ac.id
Lasmana, Wanda Ayuwanda19531219@students.iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 26 Feb 2024 02:24
Last Modified: 26 Feb 2024 02:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5880

Actions (login required)

View Item View Item