Analisis Penerapan Metode Active Knowledge Sharing Dan Implikasinya Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Aliyah Almuhajirin Tugumulyo

Karima, Annur and Komalasari, Bakti and Indrawari, Karliana (2024) Analisis Penerapan Metode Active Knowledge Sharing Dan Implikasinya Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Aliyah Almuhajirin Tugumulyo. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FULLTEXT.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode active knowledge sharing dalam meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran Sejarah kebudayaan islam serta apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode active knowledge sharing pada saat proses pembelajaran dilaksanakan Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif . Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Guru Sejarah Kebudayaan Islam dan peserta didik kelas X Agama 1 MA Al-Muhajirin Tugumulyo. Teknik pengumpulan data observasi,wawancara dan dokumentasi dengan teknis analisis data berupa ; reduksi data, penyajian data daan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penerapan metode active knowledge sharing pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terlaksana dalam lima langkah yaitu pertama yaitu persiapan. Kedua, pembagian kelompok, lalu diberikan pertanyaan. Ketiga , siswa diminta untuk menjawab pertanyaan. Keempat, siswa didorong untuk berbagi informasi. Langkah terakhir, siswa diminta berpendapat atas jawaban dari soal yang didapat.(2) Keaktifan siswa meningkat pada saat penerapan metode active knowledge sharing ini, baik itu keaktifan oral activities dan visual (kolaborasi siswa), aktifitas siswa dalm jenis kegiatan lisan (komunikasi), aktifitas belajar dengan jenis kegiatan mental (critical thinking).(3) Faktor pendukung penerapan metode active knowledge sharing pada mata pelajaran SKI yaitu guru yang profesional,antusiasme siswa dan sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu siswa yang pasif dan alokasi waktu. Kata kunci : penerapan,active knowledge sharing,aktifitas belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Karima, Annurannurkarima4@gmail.com
Komalasari, Baktibaktikomala@gmail.com
Indrawari, Karlianakarlianaindrawari@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:57
Last Modified: 26 Feb 2024 08:56
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5874

Actions (login required)

View Item View Item