Perencanaan Strategis Kurikulum Madrasah dalam Memperbaiki Mutu Pendidikan di MI Nur Riska Kota Lubuklinggau

Restu, Dianoprita and Yanto, Murni and Warlizasusi, Jumira (2024) Perencanaan Strategis Kurikulum Madrasah dalam Memperbaiki Mutu Pendidikan di MI Nur Riska Kota Lubuklinggau. Masters thesis, Pascasarjana IAIN Curup.

[img] Text
Perencanaan Strategis Kurikulum Madrasah dalam Memperbaiki Mutu Pendidikan di MI Nur Riska Kota Lubuklinggau.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perencanaan strategis merupakan tahap awal dalam mengembangkan suatu program pendidikan yang efektif. Ini melibatkan penetapan visi jangka panjang, misi, dan tujuan pendidikan. Rencana strategis juga mencakup pemilihan pendekatan pedagogis yang sesuai dengan tujuan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan strategis kurikulum madrasah di MI Nur Riska Kota Lubuklinggau, mutu pendidikan dan dampak perencanaan strategis kurikulum madrasah Penelitian ini merupakan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan metode kualitatif dengan observasi, wawancara, dan dokumetasi. sumber data terdiri dari sumber data primer. data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini bahwa perencanaan strategis kurikulum madrasah yang dilakukan MI Nur Riska Kota Lubuklinggau dilakukan dengan beberapa tahapan yakni membentuk tim, tim melakukan analisis lingkungan, 3) menentukan visi, misi, dan tujuan yang memandu desain dan penyampaian kurikulum yang mencerminkan nilai nilai yang terintegrasi dengan kurikulum, Menetapkan tujuan dan sasaran yang spesifik, terukur, relevan dan terikat waktu dan selaras dengan visi dan misi, Sosialisasi dengan stakeholders madrasah,mengembangkan kerangka kurikulum yang melibatkan staf, dan pemangku kepentingan yang selaras dengan tujuan dan sasaran kurikum, menerapkan rencana kurikulum memuat aspek sumber daya, kegiatan, jadwal dan tanggung jawab yang diemban, melakukan peninjauan dan revisi kurikulum dengan mengumpulkan dan menganalisis dfektivitas dan dampak kurikulum madrasah, Mengadakan pertemuan dengan pihak lembaga madrasah. mengalokasikan dana sesuai dengan rencana anggaran, melakukan persetujuan dengan pihak terkait yakni kementerian agama. Mutu Pendidikan di MI Nur Riska Kota Lubuklinggau dengan menganalisis dan melibatkan 8 standar pendidikan yang ada dimadrasah, yakni standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar pendidik dan kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pembiayaan, standar pengelolaan, dan standar penilaian. Dengan adanya perencanaan strategis pada Madrasah ini, memiliki dampak yang berguna sebagai kerangka kerja yang dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan segala kegiatan. Kata Kunci : Perencanaan Strategis, Kurikulum Madrasah, Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Restu, DianopritaUNSPECIFIED
Yanto, Murnimurniyanto@gmail.com
Warlizasusi, Jumirajumira.ifnaldi@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perencanaan Strategis, Kurikulum Madrasah, Mutu Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 27 Feb 2024 04:33
Last Modified: 27 Feb 2024 04:33
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5867

Actions (login required)

View Item View Item