Upaya Guru Dalam Meningkatkan Rasa Ingin Tahu (Curiosity) Siswa Melalui Keterampilan Bertanya Dasar dan Lanjut Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 7 Rejang Lebong

Mahendra, Rizky and Ratnawati, Ratnawati and Amrillah, H.M Taufik (2024) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Rasa Ingin Tahu (Curiosity) Siswa Melalui Keterampilan Bertanya Dasar dan Lanjut Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 7 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext (1).pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya rasa ingin tahu (Curiosity) dimiliki oleh siswa terutama dalam proses pembelajaran. Tentunya harus ada upaya dari pihak sekolah baik itu kepala sekolah, guru dan orang tua dalam mengatasinya, salah satunya dengan menggunakan keterampilan bertanya dasar dan lanjut. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penggunaan keterampilan bertanya dasar dan lanjut dalam meningkatkan rasa ingin tahu (Curiosity) siswa, serta kendala yang dialami oleh guru dalam upaya meningkatkan rasa ingin tahu (Curiosity) siswa menggunakan keterampilan bertanya dasar dan lanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan subjek penelitian meliputi Kepala Sekolah, Guru, dan siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesiumpulan. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru telah menggunakan keterampilan bertanya dasar seperti pertanyaan pemancing yang jelas dan singkat, memberikan acuan, memberikan pemindahan giliran, memberikan tuntunan, dan memberikan pertanyaan terkait dengan pembelajaran yang telah dibahas sebelumnya. (2) Guru telah menggunakan keterampilan bertanya lanjut seperti, memberikan pertanyaan yang menarik dan menantang, dan juga memberikan pertanyaan yang untuk mengarahkan pembicaraan ke dalam topik yang dibahas pada saat proses pembelajaran. (3) Kendala yang dialami guru dalam penggunaan keterampilan bertanya adalah tingkah laku siswa dan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mahendra, Rizkyrizky20591165@students.iaincurup.ac.id
Ratnawati, Ratnawatiratnawati@iaincurup.ac.id
Amrillah, H.M Taufiktaufikamrillah@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Guru, Keterampilan Bertanya, Rasa Ingin Tahu
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 31 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2024 01:36
Last Modified: 06 Mar 2024 08:01
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5864

Actions (login required)

View Item View Item