Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Kelas V Di Sdn 17 Rejang Lebong

Rahmania, Dela and Zulaiha, Siti and Oktori, Agus Riyan (2024) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Kelas V Di Sdn 17 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FullText3.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN 17 Rejang Lebong, peneliti menemukan bahwa sekolah tersebut sudah menjadi sekolah penggerak dan menggunakan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui proses implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila serta (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pada Tema Gaya Hidup Berkelanjutan kelas V di SDN 17 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yakni data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata, gambar, dan bukan berbentuk suatu angka-angka. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang dapat diambil melalui subjek kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas, dan siswa. Data dianalisis dengan cara melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data akan diuji keabsahannya menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila pada tema gaya hidup berkelanjutan kelas V sudah diterapkan dan terlaksana. Cara pengimplementasian untuk projek penguatan profil pelajar pancasila adalah dengan mengatur alokasi waktunya dimana dalam seminggu ada tujuh jam alokasi kolaborasi antara guru mata pelajaran dengan wali kelas. Projek penguatan profil pelajar pancasila ini di implementasikan berdasarkan 6 dimensi dari projek penguatan profil pelajar Pancasila. Dalam P5 terdapat beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (2) Faktor pendukung yang terlibat selain guru-guru adalah wali murid, masyarakat dan tentu nya kerjasama antara siswa, kemudian ada tema, metode, media, sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambat di dalam projek penguatan profil pelajar pancasila menentukan tema projek. Kata Kunci: Implementasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rahmania, Deladelarahmania@students.iaincurup.ac.id
Zulaiha, Sitisitizulaiha@iaincurup.ac.id
Oktori, Agus Riyanagusriyanoktori@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > LD Individual institutions (United States)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun5
Date Deposited: 26 Feb 2024 08:10
Last Modified: 26 Feb 2024 08:10
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5863

Actions (login required)

View Item View Item