Hubungan Aplikasi Media Canva Terhadap Kreativitas Siswa pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN 02 Rejang Lebong

Noventi, Reva and Lukman, Asha and Gunawan, Guntur (2024) Hubungan Aplikasi Media Canva Terhadap Kreativitas Siswa pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN 02 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
REVA NOVENTI (Prodi PGMI).pdf

Download (19MB)

Abstract

Aplikasi Media Canva merupakan salah satu aplikasi yang digunakan dalam kebutuhan mendesain baik poster, templet, baliho dan lainnya. Dengan menggunakan aplikasi canva siswa dapat melatih kreativitasnya, bukan hanya itu mereka juga memanfaatklan teknologi secara baik dengan menggunakan canva. Adapun masalah yang menjadi dasar dalam penelitian ini yaitu rendahanya kreativitas siswa serta minimnya pemanfaatan teknologi secara tepat di era sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada atau tidaknya hubungan (korelasi) antara aplikasi media canva terhadap kreativitas siswa pada projek penguatan profil pelajar pancasila di SDN 02 Rejang Lebong. (2) mengetahui seberapa besar tingkat hubungan aplikasi media canva terhadap kreativitas siswa pada projek penguatan profil pelajar pancasila di SDN 02 Rejang Lebong. Metode dalam penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi yang daimbil pada penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas V SDN 02 Rejang Lebong sebanyak 118 siswa. Sample pada penelitian ini sebanyak 30 siswa yang ditentukn berdasarkan teori Arikunto dimana sample diambil dari 25% jumlah populasi. Dalam penelitian ini angket yang disebarkan telah dilakukkan uji validitas dan juga reabilitas untuk menegtahui kelayakan dalam penggunaannya. Teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan angket (questioner) dan juga dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakaan pada penelitian ini yaitu, analisis deskriptif data, uji prasyarat dan uji korelasi. Adapun hasil dalam penelitian yang dilakukan penilitu ini yaitu menunjukkan bahwa (1) terdapat korelasi (hubungan) yang signifikansi antara aplikasi media canva dan kreativitas siswa yang di tunjukkan dengan nilai rhitung= 0,436, sedangkam rtabel dengan taraf signifikansi 5% dengan N=30 adalah 0,361 atau (0,436 > 0,361), (2) tingkat hubungan aplikasi media canva dan kreativitas siswa berada pada tingkat sedang atau cukup dengan rhitung = 0,436. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara aplikasi media canva terhadap kreativitas siswa pada projek penguatan profil pelajar pancasila sebesar 0,436, dengan tingkat hubungan terletak pada taraf sedang atau cukup.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Noventi, Revarevanoventi@students.iaincurup.ac.id
Lukman, Ashalukmanhasan@iaincurup.co.id
Gunawan, Gunturgunturgunawan@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:48
Last Modified: 26 Feb 2024 03:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5850

Actions (login required)

View Item View Item