Keefektifan Penerapan Model Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 01 Rejang Lebong

Uswatun Hasanah, Aulia and Putri, Dini Palupi and Septiana, Anisya (2024) Keefektifan Penerapan Model Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 01 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi Aulia Uswatun Hasanah TMM Lengkap.pdf

Download (11MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di SMP Negeri 01 Rejang Lebong diketahui dalam pembelajaran matematika siswa kurang mampu dalam memahami masalah-masalah yang disajikan, kemampuan berpikir kritis matematis siswa masih berada pada tingkat rendah, dan metode yang digunakan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses pembelajaran matematika dengan penerapan model Problem Based Instruction (PBI); 2) Mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan penerapan model PBI; dan 3) Mengetahui keefektifan penerapan model PBI terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian yaitu pre-experimental, one shot case study. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan sistem undian yaitu kelas VII D SMP Negeri 01 Rejang Lebong berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu sampel (one sample t test) untuk mengetahui keefektifan penerapan model PBI terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Hasil penelitian ini adalah: 1) Proses pembelajaran matematika dengan penerapan model PBI melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran (aktivitas guru) termasuk dalam predikat sangat baik atau efektif yaitu sebesar 87% dan aktivitas siswa termasuk dalam predikat sangat baik atau efektif yaitu sebesar 87%; 2) Rata-rata hasil kemampuan berpikir kritis matematis siswa sebesar 82 termasuk kategori sedang dan siswa yang mencapai KKM = 70 dan ketuntasan klasikal berada pada kategori baik yaitu diatas 75%; 3) Hasil analisis inferensial penerapan model PBI menunjukkan bahwa hasil kemampuan tersebut lebih dari nilai KKM atau H1 diterima dengan nilai Sig. (1-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 atau menggunakan nilai thitung sebesar 6,618 lebih besar dari ttabel sebesar 1,692. Dengan demikian, disimpulkan “terdapat keefektifan secara signifikan hasil kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah penerapan model pembelajaran PBI”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Uswatun Hasanah, Auliaaulia19571003@iaincurup.ac.id
Putri, Dini Palupidinigusnadi@gmail.com
Septiana, Anisyaanisyaseptiana@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 26 Feb 2024 02:25
Last Modified: 26 Feb 2024 02:25
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5849

Actions (login required)

View Item View Item