Implementasi Tari Kejei Dalam Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Moral di SDN 77 Rejang Lebong

Fransiska, Jeni and Wahyudi, Edi and Dewi, Jauhari Kumara (2024) Implementasi Tari Kejei Dalam Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Moral di SDN 77 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
JENI FRANSISKA.pdf - Accepted Version

Download (935kB)

Abstract

Tari kejei dilaksanakan sebagai kegiatan ektrakulikuler di sekolah tersebut. Ada beberapa nilai-nilai yang tidak baik yang ditunjukan oleh siswa misalya suka bermain-main saat melmbaca belrdol’a pada awal pelmbellajaran da nada beberapa siswa yang kurang memiliki sopan santun. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui nilai pendidikan moral yang ada dalam Tari Kejei. 2) Untuk mengetahui implementasi Tari Kejei dalam penanaman nilai-nilai moral Siswa Sekolah Dasar Negeri 77 Rejang Lebong. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Desain penelitian dengan menggunakan 3 tahap yaitu tahap pra lapangan, pekerja lapangan dan pasca lapangan. Sedangkan sumber data ialah data primer dan sekunder. Subjek adalah dalam penelitian ini adalah guru (pelatih) tari kejei dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta mengadakan triangulasi sumber sebagai uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan 1) Nilai pendidikan moral yang ada dalam Tari Kejei yaitu pendidikan moral sopan santun yang terdapat dalam gerakan sembah menaei, gerakan salah pingang (untuk pria), ketiga salah pingang (untuk wanita), busana pada ritual Temuun diman dan pada gerakan mateak dayung. Nilai moral estetika prinsip terdapat pada musik dalam tari kejei. Nilai moral Persatuan terdapat dalam penei, pendidkan moral rRendah hati ada dalam jampi anak Sangei. 2) Implementasi Tari Kejei dalam penanaman nilai-nilai moral Siswa Sekolah Dasar Negeri 77 Rejang Lebong. Perencanaan dalam tahap ini guru menentukan tujuan yang ingin dcapai dengan merumuskan tujuan atau indikator, mempersiap, merancang jadwal dan tempat latihan, merancang alokasi waktu, membagi. Pada Pelaksanaan kegiatan awal memberikan apresiasi. motivasi dan mengadakan percakapan atau tanya jawab. Pada kegiatan Kegiatan inti; menjelaskan lebih dulu tentang ritual/gerakan/penei, busana dan musik dan mempraktekannya. Pada kegiatan penutup meliputi memberikan salam dan menutup aktivitas pembelajaran. Pada evaluasi guru lakukan pengamatan atau observasi perubahan perilaku siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Fransiska, Jenijenifransiska@students.iaincurup.ac.id
Wahyudi, Ediediwahyudi@iaincurup.ac.id
Dewi, Jauhari Kumarajauharikumara@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:49
Last Modified: 26 Feb 2024 03:49
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5848

Actions (login required)

View Item View Item