Pengaruh Media Pembelajaran Flipaclip Animasi Kartun Terhadap Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas V Min 03 Kepahiang

Apriliansi, Jeni and Zulaiha, Siti and Yulizah, Yosi (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Flipaclip Animasi Kartun Terhadap Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas V Min 03 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fullltext.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah yaitu nilai yang di peroleh siswa tidak memuaskan karena media pembelajaran yang di terapkan oleh guru kurang bervariasi. Oleh karena itu penelitih memutuskan untuk menggunakan media FlipaClip. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas V MIN 03 Kepahiang, penelitian ini bertujuan untuk:mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran FlipaClip terhadap hasil belajar peserta didik kelas V MIN 03 Kepahiang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian True eksperimen desain pretest-posttest control group. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas V, yang dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan output independen sampel t-Test, Diperoleh nilai sig.(2 tailed) sebesar 0,000 <0,05 maka dapat di simpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini juga didukung oleh nilai mean kelas eksperimen sebesar 73,2 lebih besar dari pada mean kelas control sebesar 62,8 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok Kontrol. Hasil penelitiannya terdapat pengaruh media pembelajaran Flipaclip Animasi Kartun terhadap hasil belajar dilihat dari hasil uji hipotesis,Berdasarkan Hasil analisis data yang di lakukan menunjukkan bahwa nilai t hitung =3,837 dengan nilai sig.(2-tailed bernilai 0,000. Untuk mengetahui nilai distribusi t tabel dilihat berdasarkan df=41 dengan taraf signifikan a=0,05 adalah 1,684. Oleh karena nilai t hitung>t table (3,837>1,684) dan sig. (2-tailed) 0,000<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya hipotesis menyatakan” terhadap pengaruh media pembelajaran FlipaClip terhadap hasil belajar IPAS Kls V MIN 03 Kepahiang. Kata kunci: Pengaruh Aplikasi FlipaClip, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Apriliansi, Jenijeniapriliansi@students.iaincurup.ac.id
Zulaiha, Sitisitizulaiha@iaincurup.ac.id
Yulizah, Yosichieyosi@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > LD Individual institutions (United States)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 23 Feb 2024 09:22
Last Modified: 06 Mar 2024 08:13
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5845

Actions (login required)

View Item View Item