Strategi Guru dalam Menerapkan Pembelajaran IPAS di Kelas 4 pada Kurikulum Merdeka di SDN 77 Rejang Lebong

Azhani, Dori and Baryanto, Baryanto and Meldina, Tika (2024) Strategi Guru dalam Menerapkan Pembelajaran IPAS di Kelas 4 pada Kurikulum Merdeka di SDN 77 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
DORI AZHANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui: 1) penerapan pembelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka di SDN 77 Rejang Lebong, 2) strategi guru dalam penerapan pembelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka di SDN 77 Rejang Lebong, 3) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka di SDN 77 Rejang Lebong. Oleh karena itu perlu dilakukan sebuah penelitian dalam meningkatkan strategi guru dalam meningkatkan IPAS di kelas IV. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana strategi guru dalam menerapkan pembelajaran IPAS ini diterapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ialah kepala sekolah, guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran IPAS di kelas IV guru menggunakan metode-metode yang berbeda sehingga mereka tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran dan terkadang guru juga menggunakan media pembelajaran dan anak di anak di perkenalkan dengan tema yang ada di lingkungannya sendiri. Hal ini sesuai dengan tujuan dari Kurikulum Merdeka untuk mempersiapkan anak Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu mengamalkan profil pancasil Alasan pemerintah menggabungkan pelajaran IPA dan IPS adalah anak SD memiliki kecenderungan untuk melihat permasalan utuh dan terpadu. Strategi yang digunakan guru dalam menerapkan pembelajaran IPAS yaitu menggunakan modul ajar, dan ikut serta dalam loka karya yang diadakan oleh pemerintah. Adapun masalah yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan strategi pembelajaran IPAS adalah kurangnya fasilitas dalam mengajar seperti alat peraga. Adapun faktor penghambat strategi guru dalam pembelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka yaitu, kurangnya persiapan tentang Kurikulum Merdeka yang di ikuti guru, latar belakang pendidikan guru, siswa malas dalam membaca, kurangnya bimbingan dan perhatian orang tua di rumah, kurangnya fasilitas berupa alat peraga yang mendukung, peserta didik kurang fokus dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Azhani, Doridoriazhani@students.iaincurup.ac.id
Baryanto, Baryantobaryanto@iaincurup.ac.id
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 23 Feb 2024 08:22
Last Modified: 23 Feb 2024 08:22
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5838

Actions (login required)

View Item View Item