Arcanita, Rafia and Putra, Alven and Lestari, Septi Dwi (2024) Analisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan strategi mengatasinya di sma negeri tugumulyo kabupaten musirawas. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
SEPTI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kesulitan belajar adalah dimana peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar seperti halnya dalam mengerjakan tugas, yang disebabkan karena gangguan neuroligis ataupun hal-hal yang lain. Selain itu kesulitan belajar dapat diartikan sebagai ketidakmampuan anak untuk menyelesaikan tugas-tugas yang telah diberikan oleh guru dalam belajar sehingga menyebabkan prestasi belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam, faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dan strategi mengatasinya di SMA Negeri Tugumulyo. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar siswa adalah : Pertama, kurang mampu membaca dan menghafal Al- Qur’an dengan baik, kemudian terdapat beberapa materi yang sulit di pahami seperti halnya materi tentang tajwid, tauhid dan sejarah Islam, kemudian kurangnya waktu pembelajaran Pendidikan Agama Islam karena pembelajaran yang relative singkat yang hanya dilakukan 1 jam saja setiap pertemuan, selain itu di dalam diri siswa ini kurang semangat dalam belajar, kurangnya kesadaran akan pentingnya belajar sehingga saat ada evaluasi dari guru mereka merasa kesulitan dalam mengerjakannya. Kedua, faktor yang menyebabkan kesulitan belajar yaitu peserta didik kurang semangat, terkadang juga kurang fokus, kemudian waktu pembelajaran yang relative singkat, metode pembelajaran yang monoton, lebih banyak bermain HP nya dari pada belajar. Ketiga, upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an dengan menggunakan pendekatan proses, kemudian kesulitan dalam memahami materi dengan mengulang materi tersebut ataupun dengan pendekatan problem solving dimana guru membantu siswa dalam menyelesaikan masalah kesulitan memahami materi, dengan cara membuatkan ringkasan materi. Kemudian upaya yang dilakukan dalam mengatasi waktu pembelajaran yang singkat dengan memberikan tugas tambahan kepada peserta didik agar mereka lebih giat dalam belajar. Kata kunci: Kesulitan Belajar, Siswa, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun7 akun7 | ||||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2024 08:14 | ||||||||
Last Modified: | 23 Feb 2024 08:14 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5836 |
Actions (login required)
View Item |