Amir, Nabila and Gunawan, Guntur and Yulizah, Yosi (2024) Peranan Fasda (Fasilitator Daerah) Dalam Meningkatkan Mutu Guru Di Kabupaten Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
FullTexxt.pdf Download (1MB) |
Abstract
Program FASDA dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) yang mana bertujuan untuk meningkatkan mutu guru mengenai dunia pengajaran dan pendidikan. Namun walau program FASDA ini sudah berjalan dengan lancar masih saja beberapa guru tidak memiliki administrasi pengajaran yang lengkap. Seperti Ajuan Tujuan Pembelajaran atau Silabus dan modul ajar (RPP). Adapun tujuan penelitian ini ialah 1) Untuk mengetahui peranan FASDA dalam meningkatkan mutu guru di SD Muhammadiyah Ujung Tanjung; 2) Untuk mengetahui kendala meningkatkan mutu guru di SD Muhammadiyah Ujung Tanjung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Desain penelitian dengan menggunakan 3 tahap yaitu tahap pra lapangan, pekerja lapangan dan pasca lapangan. Waktu penelitian antara 23 September-23 Desember 2023 di MI Muhammadiyah Ujung Tanjung. Sedangkan sumber data ialah data primer dan sekunder. Subjek adalah dalam penelitian ini adalah anggota FASDA. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta mengadakan triangulasi sumber sebagai uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Peranan FASDA dalam meningkatkan mutu guru sekolah di SD Muhammadiyah Kabupaten Lebong yaitu: dalam mengembangkan Sumber Belajar guru mendapatkan pemahaman dalam mengembangkan bahan ajar, Melatih guru dalam menciptakan kelas yang kondusif, memanfaatkan Media Pembelajaran, mengembangkan Media Pembelajaran dengan mendapatkan pengarahan, memanfaatkan potensi lingkungan sebagai sumber Belajar diarahkan menggunakan sumber lingkungan sebagai alat belajar yang bisa digunakan baik benda hidup, membimbing siswa dalam berkarya. 2) Kendala yang dihadapi oleh guru sekolah di SD Muhammadiyah Kabupaten Lebong, kendala tidak memiliki alat cetak sendiri, kurangnya fasilitas sekolah baik perpustakaan dan alat-alat untuk mengembagkan potensi anak dalam bidang olah raga dan rendahnya kompetensi sehingga tidak menimbulkan motivasi bagi siswa dalam berkarya. Kata Kunci: Peranan, FASDA dan Mutu Guru
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun9 akun9 | ||||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2024 09:21 | ||||||||
Last Modified: | 23 Feb 2024 09:21 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5834 |
Actions (login required)
View Item |