Analisis proses penyusunan modul ajar kurikulum merdeka di sd it rabbi radhiyya 02 rejang lebong

Puspita, Nova and Ratnawati, Ratnawati and Mina Putra, Muksal (2024) Analisis proses penyusunan modul ajar kurikulum merdeka di sd it rabbi radhiyya 02 rejang lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
ANALISIS PROSES PENYUSUNAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA DI SD IT RABBI RADHIYYA 02 REJANG LEBONG.pdf

Download (7MB)

Abstract

NOVA PUSPITA, NIM.20591132, “Analisis Proses Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka di SD IT Rabbi Radhiyya 02 Rejang Lebong”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya pemahaman guru dalam teknik menyusun dan mengembangkan perangkat pembelajaran salah satunya adalah Modul Ajar. Modul Ajar memiliki peran utama untuk menopang guru dalam merancang pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penyusunan Modul Ajar kelas I dan kelas IV, untuk mengetahui kesesuaian Modul Ajar dengan prinsip-prinsip penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka, dan untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang dialami guru kelas I dan kelas IV SD IT Rabbi Radhiyya 02 Rejang Lebong dalam menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Subjek Penelitian ini adalah Guru kelas I dan IV serta Waka Kurikulum SD IT Rabbi Radhiyya 02 Rejang Lebong. Adapun tekhnik pengumpulan data yang digunakan berupa, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Langkah-langkah penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka di SD IT Rabbi Radhiyya 02 Rejang Lebong yaitu analisis kondisi dan kebutuhan peserta didik, mengidentifikasi dan menentukan Profil Pelajar Pancasila, menentukan ATP yang akan dikembangkan, menyusun Modul Ajar sesuai dengan komponen Modul Ajar, menggunakan Modul Ajar sebagai pedoman dalam mengajar, dan melakukan bentuk tindak evaluasi efektifitas Modul Ajar. (2) Modul Ajar secara umum telah sesuai dengan prinsip-prinsip penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka yang menggunakan prinsip penyusunan yaitu merancang pembelajaran dengan mempertimbangkan tahap perkembangan dan pencapaian peserta didik, Merancang dan melaksanakan pembelajaran membangun kapasitas untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat, merancang pembelajaran yang mendukung perkembangan kompetensi dan karakter peserta didik, merancang pembelajaran yang relevan, dan merancang pembelajaran berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan. (3) Kendala yang dialami guru dalam menyusun Modul Ajar adalah menganalisis capaian pembelajaran dan menentukan metode pembelajaran yang berdiferensasi. Kata Kunci : Modul Ajar, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Puspita, NovaUNSPECIFIED
Ratnawati, Ratnawatiratnawati@iaincurup.ac.id
Mina Putra, Muksalmuksalminaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 23 Feb 2024 07:22
Last Modified: 23 Feb 2024 07:22
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5825

Actions (login required)

View Item View Item